Page 143 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 143
perlu dijadikan bahan pertimbangan perbaikan yaitu lemahnya
organisasi penyelcnggaraan pemanfaatan program karena adanya
anggapan bahwa apabila telah ada sarana, kcgiatan akan dapat
bctjalan scndiri. Hal lain yang harus diperbaiki adalah anggapan
bahwa tugas menyampaikan materi pcndidikan melalui siaran tclah
sclcsai bila penyiaran tclah dilakukan (Miarso, 1984a). Tujuan
penyelenggaraan Program Oiklat Guru SO mclalui Siaran Radio
Pendidikan (Oiklat SRP) adalah untuk meningkatkan mutu
pcndidikan di sekolah dasar melalui peningkatan pcngetahuan dan
kcterampilan profesional guru SO, scrta mcmperluas kesempatan
meningkatkan mutu profesional guru SO yang bclum mengikuti
Program Penyetaraan 0-II Guru SO.
SASARAN
Sasaran utama Program Oiklat SRP adalah guru-guru SO dan
Madrasah Ibtidaiyah yang tinggal dan bcrtugas di daerah tcrpcncil
yang sccara gcografis sulit transpmtasi dan komunikasinya. Dengan
kescdiaan tinggal dan mcngabdikan hidup di daerah terpcncil, guru
itu telah teruj i dan terbukti memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi
dalam mcnjalankan tugasnya. Namun mengingat manfaat Program
Oiklat SRP ini maka guru yang tinggal di daerah pinggiran yang
rclatif mudah sarana transportasi dan komunikasinya juga
dimungkinkan untuk menjadi peserta.
Sebagai tahap awal, pada tahun 1992/1993, Program Oiklat
SRP ini dikembangkan di 14 propinsi yang tclah memiliki Sanggar
Tcknologi Komunikasi Pendidikan dan Kcbudayaan (Sanggar
Tekkom), yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tcngah. Kalimantan
Timur, Df Yogyakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi
Tcnggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tcnggara, Nusa Tenggara
Barat, Nusa Tcnggara Timur, Riau, dan Timor Timur. Kemudian
pada tahun 199311994, sasaran wilayah ditambah dcngan tiga
propinsi lagi yaitu Sumatcra Barat, Jawa Barat, dan Jawa Timur
schingga total jumlahnya menjadi 17 propinsi.
Sci ring dengan bertambahnya jumlah Sanggar Tckkom maka
pada tahun 1994/1995, sasaran wilayah dipcrluas mcnjadi 21
129