Page 135 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 135

7. Pemanfaatan Program dan Pembinaan Kclompok Belajar
              Scbelum mcndengarkan siaran, anggota kclompok belajar
          membaca BP dan menyiapkan segala scsuatunya yang dituntut
          olch program SRP yang akan disiarkan.  Sedangkan sclama siaran
          berlangsung, anggota-anggota kclompok belajar mcncatat hal-hal
          yang penting untuk kemudian didiskusikan.  Supaya dapat scgcra
          mcngadakan diskusi setelah mcndengarkan siaran maka
          pemanfaatan SRP dilakukan berkelompok dalam bcntuk
          KELOMPOK BELAJAR.
              Kclompok bclajar ini diketuai oleh Kcpala Sekolah masing-
          masing dan didampingi oleh seorang sckrctaris yang dipilih oleh
          anggota.  Hal-hal yang bclum dapat dipccahkan dapat ditanyakan
          secara tc11ulis  kcpada Sanggar Tckkom, atau langsung kc BPMR
          Semarang dan Y ogyakarta.  Sanggar Tckkom mclaksanakan siaran
          langsung paling scdikit dua kali scbulan untuk mcnjawab
          pcrtanyaan-pcrtanyaan dari kelompok belajar dan mcngumumkan
          kcbijakan-kcbijakan pcmcrintah khususnya dari Dcpdikbud.
              Sanggar Tekkom secara terus-mcnerus memonitor dan
          memantapkan jumlah kelompok belajar di  wilayah masing-masing
          dcngan mcmperhatikan batas kemampuan pcmbinaan.  Faktor
          kemampuan pcmbinaan terscbut, baik dari pihak Sanggar Tckkom
          dacrah maupun Pustekkom sendiri sedikit banyak mcmpcngaruhi
          jumlah anggota kelompok belajar.  Jumlah anggota kclompok
          belajar pada tahun 1978 tercatat 70.000 orang.
              Berdasarkan laporan yang masuk pada tahun 1981, jumlah
          guru yang menjadi anggota Diktat SRP berkcmbang menjadi
          90.000 orang.  Dengan bertambahnya tiga propinsi yang mcnjadi
          sasaran kegiatan TKPD ini, diharapkan tahun  1984/1 985 jumlah
          anggota kclompok belajar sekitar 34.000 orang.  Jumlah tersebut
          masih harus dicck dan dimantapkan aktivitasnya agar dapat
          diketahui sebcrapa jauh efektivitas dan efisicnsi kcgiatan
          pcnataran melalui SRP ini.







                                                                   121
   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140