Page 264 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 264

Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas


                 komunitas  pendidikan  khususnya  dosen  dan  mahasiswa
                 tentang pendidikan dan pembelajaran jarak jauh, khususnya
                 secara  daring,  meningkat  dengan  pesat.  Berbagai  webinar
                 diselenggarakan  oleh  perguruan  tinggi  dan  asosiasi-asosiasi
                 keilmuan  tentang  berbagai  aspek  pendidikan  jarak  jauh,
                 namun  memang  belum  menyentuh  aspek  keterbukaannya
                 kecuali untuk diskusi model MOOCs.

                 Walaupun demikian, fenomena disrupsi pendidikan tinggi oleh
                 Covid-19 ini telah meningkatkan pengenalan dan pemahaman
                 sivitas  akademika  dan  masyarakat  tentang  potensi  sistem
                 pendidikan jarak jauh dan pendidikan terbuka untuk menimba
                 ilmu  dan  menyebarkan  ilmu  pengetahuan.  Momentum  ini
                 sangat baik dan jangan sampai terlewat untuk dikapitalisasikan
                 menjadi  sesuatu  yang  lebih  besar  dan  bermanfaat  untuk
                 keadilan pendidikan tinggi bagi semua.


                 Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka yang Berkeadilan
                 Berdasarkan  latar  belakang  diatas,  maka  upaya  pemenuhan
                 amanat  UUD  45  dan  sila  kelima  Pancasila  harus  dilakukan
                 secara  lebih  makro  dan  substansial  dari  kebijakan  Kampus
                 Merdeka.    Kebijakan  Kampus  Merdeka  perlu  dipertajam
                 dengan filosofi dan konsep Pendidikan Terbuka yang, selaras
                 dengan UUD 45, meyakini bahwa pendidikan dan pengetahuan
                 adalah milik publik dan hak setiap orang.


                 Saat  ini  DIKTI  telah  memiliki  SPADA  (Sistem  Pembelajaran
                 Daring). SPADA diresmikan sebagai suatu lembaga agregator
                 dan penghubung (hub) kegiatan administrasi dan akademik PT
                 yang bekerja dengan modus pembelajaran jarak jauh. Namun
                 demikian,  konsep  SPADA  ini  tampaknya  belum  sepenuhnya
                 mengadopsi  paradigma  pendidikan  terbuka.  Belum  semua
                 perkuliahan  daring  yang  diselenggarakan  oleh  PT-PT  dalam
                 SPADA  dibuka  kepada  masayarakat  umum  sebagai  suatu





                                          262
   259   260   261   262   263   264   265   266   267   268   269