Page 11 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 11
Kata Pengantar
Sehubungan dengan hal inilah buku ini disusun. Buku ini
menulilskan kajian tentang konsep, model, dan implementasi
sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi terbuka ditinjau dari
berbagai perspektif, khususnya pendidikan terbuka sebagai
alat untuk membangun sumberdaya insani Indonesia, untuk
menghadirkan keadilan sosial, untuk memberikan pelayanan
publik, untuk mendemokratisasikan pendidikan, dan untuk
menciptakan keadilan ekonomi; yang pada akhirnya adalah
untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.
Buku ini ditulis oleh para profesor Universitas Terbuka yang
telah berpengalaman dalam bidang pendidikan terbuka, baik
sebagai praktisi maupun sebagai ilmuwan. Semoga buku ini
memberikan tambahan wawasan kepada pembaca dalam
memaknai konsep pendidikan terbuka dan potensinya untuk
mempersiapkan SDM Indonesia.
Tangerang Selatan, Agustus 2020
Prof. Ojat Darojat, Ph.D.
vii