Page 11 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 11

Kata Pengantar


               Sehubungan dengan hal  inilah  buku ini  disusun.  Buku ini
               menulilskan kajian tentang konsep, model, dan implementasi
               sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi terbuka ditinjau dari
               berbagai  perspektif,  khususnya  pendidikan  terbuka  sebagai
               alat untuk membangun sumberdaya insani Indonesia, untuk
               menghadirkan keadilan sosial, untuk memberikan pelayanan
               publik,  untuk  mendemokratisasikan  pendidikan,  dan  untuk
               menciptakan  keadilan  ekonomi;  yang  pada  akhirnya  adalah
               untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.


               Buku ini ditulis oleh para profesor Universitas Terbuka yang
               telah berpengalaman dalam bidang pendidikan terbuka, baik
               sebagai praktisi maupun sebagai ilmuwan. Semoga buku ini
               memberikan  tambahan  wawasan  kepada  pembaca  dalam
               memaknai konsep pendidikan terbuka dan potensinya untuk
               mempersiapkan SDM Indonesia.











                                         Tangerang Selatan, Agustus 2020







                                         Prof. Ojat Darojat, Ph.D.















                                           vii
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16