Page 10 - Pendidikan Terbuka Untuk Indonesia Emas
P. 10
Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas
lama studi, serta latar belakang pendidikan peserta didik yang
tidak menerapkan berbagai ‘kriteria lazim’ yang biasanya
diterapkan oleh perguruan tinggi konvensional yang telah ada
sebelumnya. Konsep dan rancangan UT sangat inovatif pada
masanya, mendrobrak tatanan sistem pendidikan tinggi yang
telah ada yang bersifat elitis. Dengan keterbukaan sistem
UT, Pemerintah ingin membuka kesempatan kepada seluruh
lapisan masyarakat untuk medapatkan pendidikan tinggi.
Setelah berjalan lebih dari 35 tahun, konsep pendidikan
terbuka yang diimplementasikan oleh UT terbukti mampu
menjangkau kelompok masyarakat yang tidak terjangkau
oleh sistem Pendidikan tinggi konvensional yang berbasis
tatap muka dan ‘terbatas’ dalam hal usia dan lama studi.
Sistem pendidikan terbuka yang diterapkan UT telah mampu
mengejawantahkan amanat UUD 1945 serta menunaikan
kewajiban Pemerintah untuk menyediakan akses pendidikan
tinggi bagi semua.
Dalam konteks penyiapan sumberdaya manusia Indonesia
menjelang satu abad kemerdekaan Republik Indonesia
pada tahun 2045, kebutuhan akselerasi penerapan konsep
pendidikan terbuka secara lebih luas menjadi sangat signifikan.
Dengan APK pendidikan tinggi yang masih sekitar 35%,
Indonesia memerlukan terobosan untuk dapat menjangkau
kelompok usia 19-23 tahun yang masih belum terjangkau
oleh perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada sekarang.
Perguruan tinggi perlu didorong untuk melebarkan layanannya
dengan menerapkan sistem terbuka agar dapat meningkatkan
APK ini. Perkembangan teknologi yang didukung oleh
infrastruktur teknologi yang baik merupakan peluang yang
harus dimanfaatkan.
vi