Page 53 - Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh
P. 53

38  ~ Antologi CPNS ~


          Terbuka  meliputi  tutorial  tertulis  melalui  media  surat-menyurat  a n t a r a
          dosen dan mahasiswa, tutorial berbantuan komputer, tutorial radio, tutorial
          melalui siaran televisi, dan tutorial online.
             Kegiatan  belajar  mengajar  dilaksanakan  sesuai  dengan  konsep
          pendidikan jarak jauh. Selanjutnya, Universitas Terbuka memperkenalkan
          konsep  belajar  mandiri.  Dikutip  dari  https://mahasiswa.ut.ac.id/,  belajar
          mandiri berarti belajar secara berinisiatif dengan ataupun tanpa bantuan
          orang lain, dalam belajar.
             Mahasiswa  dipastikan  mendapatkan  modul  sebagai  bahan  ajar
          Universitas Terbuka. Modul dikirimkan melalui jasa kantor pos atau dapat
          diambil  di  UPBJJ.  Semenjak  awal,   U  n  i v e r s i t a s    T e r b  u  k a    m  e m  u  t u  s k a n
          memproduksi modul sendiri, tetapi disebabkan keterbatasan tenaga ahli,
          modul dituliskan oleh penulis yang direkrut oleh Universitas Terbuka. Bahan
          a j a r   U n i v e r s i t a s   T e r b u k a   s e m  a k i n   d i k e n a l   o l e h   i n s t a n s i   l a i n ,   k h ususnya
          perguruan tinggi untuk digunakan sebagai referensi. Penulisan modul selalu
          diperbaiki. Guna meningkatkan kualitas, dibentuklah tim pengembang mata
          kuliah yang terdiri atas penanggung jawab mata kuliah (dosen pengampu),
          ahli materi (penulis), ahli desain instruksional (penelaah), dan ahli media
          (P2M2).  Proses  penciptaan  sampai  dengan  pendistribusian  bahan  ajar
          tidaklah  mudah,  banyak  kendala  teknis  yang  mengikuti  selama  proses
          tersebut.  Universitas  Terbuka  terus  berbenah  dan  memperbaiki  proses
          tersebut untuk menciptakan bahan ajar dengan format baru sebagai solusi,
          seperti RBV, bahan ajar noncetak, atau bahan ajar interaktif.
             Seperti  halnya  lembaga  pendidikan,  mahasiswa  yang  belajar  di
          Universitas  Terbuka  akan  menjalani  ujian.  Ujian  dilakukan  setiap  akhir
          semester.  Teknis  penyelenggaraan  ujian  dalam  pendidikan  jarak  jauh
          terbilang lebih rumit. Hal ini berkaitan dengan jumlah mahasiswa, jumlah
          mata kuliah yang diujikan, jumlah kapasitas tempat ujian yang tersedia, dan
          koordinasi antartim disebabkan pelaksanaan ujian dilakukan secara massal.
          P e l a k s a n a a n   p e m  e r i k s a a n   n a s k a h   u j i a n   j u g a   t i d a k   k a l a h   r u m  i t .   U n tuk
          memperingan pekerjaan penilaian, naskah ujian langsung dibaca oleh alat
          pembaca  optik.  Naskah ujian  diproduksi, digandakan,  dan  didistribusikan
          oleh Pusjian; sedangkan materi bahan ujian disiapkan oleh program studi.
          Kelompok  kajian  ujian  dibentuk  pada  1998  dan  bertugas  untuk
          meningkatkan kualitas butir soal, pemilihan jenis ujian, serta menggiatkan
          pengembangan bank soal. Keberadaan bank soal memudahkan penemuan
          kembali soal untuk dilakukan perakitan naskah ujian untuk periode ujian
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58