Page 443 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 443

Cakrawa/a Pendidikan  2



            kebutuhan  masyarakat  baik  di  tingkat  nasional  maupun
            internasional.
                   Dengan  tujuan  di  atas,  Electronic  Student  Portfolio  UK
            Petra memberi  kesempatan  dan  mendampingi  mahasiswa  untuk
            mencatat,  mengumpulkan,  memperbarui  dan  merenungkan  apa
            yang  telah  d!pelajari,  dilakukan,  dialami  dan  dihasilkan  melalui
            menu-menu  yang  tersedia.  Menu-menu  tersebut  dirancang  untuk
            dapat mengungkapkan lima hal sebagai berikut.
            •   Data  pribadi  mahasiswa termasuk  kepribadian,  gaya  belajar,
                minat,  nilai-nilai  yang  dipegang  serta  harapan-harapan  dan
                mimpi-mimpinya
            •   Karir  yang  dicita-citakan  serta  strategi  yang  direncanakan
                untuk mewujudkan  cita-cita tersebut  melalui kegiatan belajar
                maupun  keikutsertaan  dalam  pelbagai  kegiatan  di  dalam
                maupun di luar kampus selama masa belajar di UK Petra
            •   llmu  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  diperolehnya
                melalui  keikutsertaan  dalam  perkuliahan  maupun  pertemuan-
                pertemuan seperti seminar,  lokakarya,  pelatihan dan sebagai-
                nya, yang berkaitan dengan karir yang diimpikan
            •   Kegiatan-kegiatan  yang  diikuti  baik  di  dalam  maupun  di  luar
                kampus,  baik  dalam  lingkup  universitas,  nasional  maupun
                internasional  yang  diharapkan  dapat  menunjang  karir  yang
                diimpikan.  Kegiatan  tersebut  antara  lain  termasuk  penga-
                laman berorganisasi, bekerja, kegiatan akademis dan sosial
            •   Prestasi yang dicapai termasuk, beasiswa, penghargaan serta
                hasil karya.
                   Melalui  perenungan  atas  pengalaman  serta  proses
            pertumbuhannya  dalam  mengenali  potensi,  minat  dan  peranan
            yang  diharapkan  di  masyarakat,  mahasiswa  dapat  selalu
            memperbarui  dan  melakukan  penyesuaian  antara  kemampuan,
            minat,  harapan  serta  bekal  yang  harus  dipersiapkan  untuk
            merintis karir yang diharapkan.



                                                                    425
   438   439   440   441   442   443   444   445   446   447   448