Page 441 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 441
Cakrmvala Pendidikan 2
dalam proses belajar; mengembangkan atmosfir rasa percaya diri
dan semangat kolaborasi; mendorong mereka mengikuti pelbagai
kegiatan sebagai bagian dari suatu komunitas; mengembangkan
proses berpikir, kemampuan berdiskusi dan menulis atau
mengembangkan hubungan antar pendidik, peserta didik serta
keluarga dan sebagainya. Cara-cara tersebut sekaligus dapat
dipakai untuk tujuan student portfolio yang lain, yaitu untuk
membantu peserta didik dalam merencanakan karir mereka .
Jenis dari student portfolio sangatlah bervariasi
bergantung pad a tujuan dari penggunaan, ruang lingkup a tau
penanggung jawab program. Student portfolio dapat berbentuk
produk yang memuat catatan kegiatan serta produk atau hasil
karya peserta didik, baik keseluruhan atau yang terbaik saja.
Student portfolio dapat berbentuk sebuah proses yang
mencantumkan tujuan, strategi untuk mencapai tujuan, garis
besar serta naskah yang terus berkembang. Student portfolio
dapat pula berbentuk persepsi yang berkaitan dengan sikap,
motivasi, refleksi diri terhadap kegiatan maupun hasil belajar
peserta didik sebagai bagian dari proses pengembangan dirinya.
Student portfolio dapat bersifat permanen atau sekali buat
dan dapat pula bersifat dinamis yang terus berubah sesuai
dengan perkembangan sebuah pribadi. Student portfolio
permanen mencatat kegiatan atau menyimpan kumpulan karya
yang telah selesai dikerjakan. Student portfolio dinamis mencatat
kegiatan dan menyimpan karya yang terus dikembangkan dari
awal dikerjakan sehingga terlihat proses perkembangannya.
Komponen isi student portfolio juga sangat bervariasi
tergantung pada tujuan, bentuk maupun sifat student portfolio.
Secara umum student portfolio memuat data pribadi yang
menggambarkan peserta didik, mata kuliah atau pendidikan
informal yang diikuti, kegiatan yang diikuti baik bersitat akademis,
sosial, pengalaman berorganisasi maupun bekerja serta prestasi
423