Page 441 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 441

Cakrmvala Pendidikan 2


        dalam  proses  belajar;  mengembangkan atmosfir rasa percaya diri
        dan  semangat kolaborasi;  mendorong mereka mengikuti pelbagai
        kegiatan  sebagai  bagian  dari  suatu  komunitas;  mengembangkan
        proses  berpikir,  kemampuan  berdiskusi  dan  menulis  atau
        mengembangkan  hubungan  antar  pendidik,  peserta  didik  serta
        keluarga  dan  sebagainya.  Cara-cara  tersebut  sekaligus  dapat
        dipakai  untuk  tujuan  student  portfolio  yang  lain,  yaitu  untuk
        membantu peserta didik dalam merencanakan karir mereka .
               Jenis   dari   student  portfolio  sangatlah   bervariasi
        bergantung  pad a  tujuan  dari  penggunaan,  ruang  lingkup  a tau
        penanggung  jawab  program.  Student  portfolio  dapat  berbentuk
        produk  yang  memuat  catatan  kegiatan  serta  produk  atau  hasil
        karya  peserta  didik,  baik  keseluruhan  atau  yang  terbaik  saja.
        Student  portfolio  dapat  berbentuk  sebuah   proses  yang
        mencantumkan  tujuan,  strategi  untuk  mencapai  tujuan,  garis
        besar  serta  naskah  yang  terus  berkembang.  Student  portfolio
        dapat  pula  berbentuk  persepsi  yang  berkaitan  dengan  sikap,
        motivasi,  refleksi  diri  terhadap  kegiatan  maupun  hasil  belajar
        peserta didik sebagai bagian dari  proses pengembangan dirinya.
                Student portfolio dapat bersifat permanen atau sekali buat
        dan  dapat  pula  bersifat  dinamis  yang  terus  berubah  sesuai
        dengan  perkembangan     sebuah  pribadi.   Student  portfolio
        permanen  mencatat  kegiatan  atau  menyimpan  kumpulan  karya
        yang telah  selesai dikerjakan.  Student portfolio dinamis  mencatat
        kegiatan  dan  menyimpan  karya  yang  terus  dikembangkan  dari
        awal dikerjakan sehingga terlihat proses perkembangannya.
                Komponen  isi  student  portfolio  juga  sangat  bervariasi
        tergantung  pada  tujuan,  bentuk  maupun  sifat  student  portfolio.
        Secara  umum  student  portfolio  memuat  data  pribadi  yang
        menggambarkan  peserta  didik,  mata  kuliah  atau  pendidikan
        informal yang diikuti,  kegiatan  yang diikuti baik bersitat akademis,
        sosial,  pengalaman  berorganisasi  maupun  bekerja serta prestasi



                                                                423
   436   437   438   439   440   441   442   443   444   445   446