Page 446 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 446

"Ueurom<  S111<ielll



          Banyak  tenaga  ahli  maupun  produk  luar  negeri  yang  menguasai
          pasar  dalam  negeri.  Sebaliknya  belum  banyak  tenaga  ahli
          maupun produk dalam negeri  yang  mampu menembus pasar luar
          negeri  dengan harga dan  kualitas  yang  memiliki  daya  saing  yang
          cukup berarti.
                  Kondisi  di  atas  diantisipasi  oleh  UK  Petra  melalui
          perbaruan  program,  kurikulum  dan  metode  belajar  mengaJar
          secara  berkesinambungan.  Electronic  Student  Portfolio  adalah
          salah  satu  terobosan  yang  diharapkan  dapat  menghasilkan  para
          lulusan  dengan  kualitas  yang  dapat  menjawab  persoalan-
          persoalan  di  atas.  Dengan  memiliki  kepercayaan  bahwa  potensi
          seseorang  d1harapkan  dapat  tergali  dan  berkembang  secara
          maksimal  jika  dtkenali  sejak  dtni,  jika  diberi  kesempatan  dan
          kepercayaan    untuk  menggali,  untuk  berkembang  dan  untuk
          melihat  hasilnya,  m~ka "Electronic  Student  Portfolio"  UK  Petra
          dirancang dengan menyediakan beberapa fitur sebagai berikut:



          1.  Perancangan Menu yang Mengacu pada Konsep
              Pembelajaran
                  Menu  Electronic  Student  Portfolio  UK  Petra  dirancang
          dengan  mengacu  pada  4  pilar  pembelajaran  seperti  dikemuka-
           kan oleh  Unesco, yaitu (1)  learning to know,  (2)  learning to do,  (3)
           learning to  live together, dan (4) learning to be.
          a.  Menu  Kompetensi,  mengajak  mahasiswa  memilih,  dan
              merenungkan  ilmu  pengetahuan  maupun  keterampilan  yang
              telah  diperoleh  melalui  mata  kuliah-mata  kuliah  ataupun
              pertemuan  lain  sesuai  dengan  karir  yang  ingin  dirintisnya.
              Dengan  demikian  mahasiswa  belajar  mengetahui  apa  yang
              diperlukan  sebagai  bekal  karir  di  masa  mendatang.
              Kepemimpinan,  "interpersonal  skill"  dan  kewirausahaan
              menjadi  keterampilan  pendukung  yang  didorong  untuk



          428
   441   442   443   444   445   446   447   448   449   450   451