Page 446 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 446
"Ueurom< S111<ielll
Banyak tenaga ahli maupun produk luar negeri yang menguasai
pasar dalam negeri. Sebaliknya belum banyak tenaga ahli
maupun produk dalam negeri yang mampu menembus pasar luar
negeri dengan harga dan kualitas yang memiliki daya saing yang
cukup berarti.
Kondisi di atas diantisipasi oleh UK Petra melalui
perbaruan program, kurikulum dan metode belajar mengaJar
secara berkesinambungan. Electronic Student Portfolio adalah
salah satu terobosan yang diharapkan dapat menghasilkan para
lulusan dengan kualitas yang dapat menjawab persoalan-
persoalan di atas. Dengan memiliki kepercayaan bahwa potensi
seseorang d1harapkan dapat tergali dan berkembang secara
maksimal jika dtkenali sejak dtni, jika diberi kesempatan dan
kepercayaan untuk menggali, untuk berkembang dan untuk
melihat hasilnya, m~ka "Electronic Student Portfolio" UK Petra
dirancang dengan menyediakan beberapa fitur sebagai berikut:
1. Perancangan Menu yang Mengacu pada Konsep
Pembelajaran
Menu Electronic Student Portfolio UK Petra dirancang
dengan mengacu pada 4 pilar pembelajaran seperti dikemuka-
kan oleh Unesco, yaitu (1) learning to know, (2) learning to do, (3)
learning to live together, dan (4) learning to be.
a. Menu Kompetensi, mengajak mahasiswa memilih, dan
merenungkan ilmu pengetahuan maupun keterampilan yang
telah diperoleh melalui mata kuliah-mata kuliah ataupun
pertemuan lain sesuai dengan karir yang ingin dirintisnya.
Dengan demikian mahasiswa belajar mengetahui apa yang
diperlukan sebagai bekal karir di masa mendatang.
Kepemimpinan, "interpersonal skill" dan kewirausahaan
menjadi keterampilan pendukung yang didorong untuk
428