Page 448 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 448

Rallardjo,  "Eiectromc S/lldetU  Punfiilto ·•.·  lvfenJaH·a/J  ....


             integritas  dan  kepribadian  dalam  menjalankan  peranan  di
             masyarakat.


         2.  Refleksi Diri
                 Tersedianya  fasilitas  bagi  mahasiswa  untuk  melakukan
          evaluasi  atau  refleksi  diri  atas  apa  yang  menjadi  harapan-
         harapan,  hal-hal  yang  dipelajari  dan  dialami,  karya-karya  yang
          dihasilkan,  serta  prestasi-prestasi  yang  diraih,  dirancang  untuk
          melatih  mahasiswa  untuk  mengembangkan  proses  berpikir,
          keterampilan  serta kemampuan  berpikir kritis,  kreatif dan  mandiri
          dalam  memecahkan  persoalan.  Refleks1  diri  ini  juga  bermanfaat
          bagi  mahasiswa  untuk  berani  mengenali  dan  memahami  diri
          sendiri,  melihat  kekuatan  dan  kelemahan,  melihat  kesesuaian
          antara  bakat  dan  minat  serta  tujuan  hidup  dan  karir  yang  ingin
          dirintis.


          3.  Keterlibatan Dosen Wali
                 Melalui  proses  pendampingan  dosen  wali  sebagai
          fasilitator  dan  motivator  dalam  membangun  portofolionya,
          mahasiswa  dapat  belajar  melihat  diri  sendiri,  mengkritisi  suatu
          permasalahan  dengan  memperoleh  masukan  dari  perspektif
          orang  lain.  Mahasiswa  dapat  pula  berlatih  untuk  berdiskusi,
          berkomunikasi  serta  mengembangkan  hubungan  dengan  orang
          lain.  Keterlibatan  ini  memberi  kesempatan  juga  pada  dosen  wali
          untuk  mengenal  anak  walinya  dengan  lebih  mendalam  sebagai
          bekal dalam menerapkan konsep Student Centered Learning.


          4.  Penggunaan Teknologi Web
                 Menampilkan  data  dan  informasi  secara  terbuka  melalui
          web memungkinkan  keluarga,  ternan  dan  dosen  bahkan  orang




          430
   443   444   445   446   447   448   449   450   451   452   453