Page 448 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 448
Rallardjo, "Eiectromc S/lldetU Punfiilto ·•.· lvfenJaH·a/J ....
integritas dan kepribadian dalam menjalankan peranan di
masyarakat.
2. Refleksi Diri
Tersedianya fasilitas bagi mahasiswa untuk melakukan
evaluasi atau refleksi diri atas apa yang menjadi harapan-
harapan, hal-hal yang dipelajari dan dialami, karya-karya yang
dihasilkan, serta prestasi-prestasi yang diraih, dirancang untuk
melatih mahasiswa untuk mengembangkan proses berpikir,
keterampilan serta kemampuan berpikir kritis, kreatif dan mandiri
dalam memecahkan persoalan. Refleks1 diri ini juga bermanfaat
bagi mahasiswa untuk berani mengenali dan memahami diri
sendiri, melihat kekuatan dan kelemahan, melihat kesesuaian
antara bakat dan minat serta tujuan hidup dan karir yang ingin
dirintis.
3. Keterlibatan Dosen Wali
Melalui proses pendampingan dosen wali sebagai
fasilitator dan motivator dalam membangun portofolionya,
mahasiswa dapat belajar melihat diri sendiri, mengkritisi suatu
permasalahan dengan memperoleh masukan dari perspektif
orang lain. Mahasiswa dapat pula berlatih untuk berdiskusi,
berkomunikasi serta mengembangkan hubungan dengan orang
lain. Keterlibatan ini memberi kesempatan juga pada dosen wali
untuk mengenal anak walinya dengan lebih mendalam sebagai
bekal dalam menerapkan konsep Student Centered Learning.
4. Penggunaan Teknologi Web
Menampilkan data dan informasi secara terbuka melalui
web memungkinkan keluarga, ternan dan dosen bahkan orang
430