Page 439 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 439
Cakrawalu i'endu/ik,m 2
produk atau kegiatan yang telah dilakukan serta prestasi yang
dicapai oleh seseorang atau sebuah institusi. Portofolio ini dibuat
baik untuk keperluan promosi, pengembangan karir seseorang,
melamar suatu pekerjaan atau menempuh pendidikan lebih lanjut.
Seiring dengan penerapan teori konstruktivisme dalam
dunia pendidikan, para pendidik makin banyak yang mendorong
penggunaan portofolio sebagai bagian dari proses belajar-
mengajar. Teori ini menganggap belajar adalah sebuah proses
yang, melalui penemuan, interaksi dan negosiasi dengan diri
sendiri dan orang lain, memberi kesempatan bagi peserta didik
untuk membangun pengertian atau pengetahuan sendiri.
Pengetahuan atau pengertian yang telah dimiliki oleh seseorang
sangat diperlukan untuk membangun pengertian dan pengeta-
huan lebih lanjut. Sedangkan beberapa faktor yang penting dalam
merancang proses belajar mengajar yang efektif adalah
pengenalan diri sendiri seperti multiple intelligence, learning style
dan motivasi (McGregor, 1999). Dengan menggabungkan teori-
teori diatas, konsep-konsep pembelajaran yang mengarah pada
konsep student-centered learning mulai memperlakukan
mahasiswa sebagai individu yang unik sekaligus pelaku, bukan
objek proses belajar-mengajar.
Portofolio, merupakan salah satu alat yang dapat
dimantaatkan untuk memberi perhatian pada potensi-potensi yang
dimiliki oleh para peserta didik sebagai pribadi yang unik dan
memberikan motivasi untuk terus belajar dan mengembangkan
potensi dan minatnya. Portofolio di dunia pendidikan ini dikenal
dengan istilah student portfolio, yang berlaku bagi peserta didik
sekolah dasar, sekolah menengah ataupun perguruan tinggi.
Secara umum student portfolio adalah catatan dan
kumpulan karya peserta didik yang menggambarkan sejarah
proses belajar mahasiswa, usaha-usaha, pertumbuhan,
perubahan-perubahan yang dialami, serta prestasi yang dicapai
421