Page 440 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 440

Ralwrdjo,  "E/eclmllic Student  J'ortji,fio ": Men}il\l'a/J ..



      selama  menempuh  pendidikan  di  perguruan  tinggi.  SeJarah
      tersebut  digambarkan  melalui  proses  pengumpulan,  seleksi,
      penulisan  dan  refleksi  diri  alas  segala  kegiatan  yang  diikuti,  dan
      karya  yang dibuat.
             Literatur-literatur pendidikan  menunjukkan  adanya  pelba-
      gai  usaha  pemanfaatan  student portfolio  oleh  lembaga-lembaga
      pendidikan  termasuk  perguruan  tinggi,  terutama  di  luar  negeri.
      Usaha  dan  praktik-praktik  pemanfaatan  ini  mengarah  pada
      adanya  keragaman  penanggungjawab,  maksud  dan  tujuan,
      bentuk,  sifat,  komponen  isi  maupun  media  dari  student portfolio
      tergantung pada kebutuhan setempat.
             Penanggung  jawab  atau  yang  mempunyai  inisiatif  dari
      pemanfaatan  student  portfolio  sangat  bervariasi.  Dapat  saja
      seorang  pengajar  mata  ajaran  tertentu  menggunakan  alat  ini
      sebagai bagian  proses  belajar mengajar dalam  mala ajaran  yang
      diasuhnya.  Ada  pula  institusi  yang  membentuk  satu  tim  khusus
      yang bertanggung jawab dalam mengelola serta membina peserta
      didik  dalam  membuat  student portfolio sebagai  salah  satu  syarat
      kelulusan  atau  prasyarat  untuk  dapat  mengambil  mata  ajaran
      dalam  tahap  lebih  tinggi.  Sebuah  institusi  dapat  pula  menunjuk
      sebuah  unit di  institusi tersebut  untuk mengelola dan mewajibkan
      seluruh  peserta  didik  membuat  student  portfolio  yang  memuat
      sejarah  belajar  dari  peserta  didik  secara  keseluruhan  dari  awal
      hingga akhir masa studinya.
             Student  portfolio  pada  umumnya  dimanfaatkan  sebagai
      bagian  dari  proses  belajar  mengajar  untuk  membangun  motivasi
      dengan  melibatkan  mahasiswa secara  aktif  dalam  proses  belajar
      maupun  evaluasi  hasil  belajar.  Tujuan  ini  dijabarkan  antara  lain
      dengan  cara  membantu  peserta  didik  dalam  menetapkan  dan
      mengevaluasi  tujuan  belajar  secara  periodik;  menanamkan  rasa
      tanggung  jawab  atas  proses  belajar  mereka  sendiri;  mengajak
      mereka  untuk  melakukan  refleksi  diri  sebagai  komponen  penting


      422
   435   436   437   438   439   440   441   442   443   444   445