Page 440 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 440
Ralwrdjo, "E/eclmllic Student J'ortji,fio ": Men}il\l'a/J ..
selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. SeJarah
tersebut digambarkan melalui proses pengumpulan, seleksi,
penulisan dan refleksi diri alas segala kegiatan yang diikuti, dan
karya yang dibuat.
Literatur-literatur pendidikan menunjukkan adanya pelba-
gai usaha pemanfaatan student portfolio oleh lembaga-lembaga
pendidikan termasuk perguruan tinggi, terutama di luar negeri.
Usaha dan praktik-praktik pemanfaatan ini mengarah pada
adanya keragaman penanggungjawab, maksud dan tujuan,
bentuk, sifat, komponen isi maupun media dari student portfolio
tergantung pada kebutuhan setempat.
Penanggung jawab atau yang mempunyai inisiatif dari
pemanfaatan student portfolio sangat bervariasi. Dapat saja
seorang pengajar mata ajaran tertentu menggunakan alat ini
sebagai bagian proses belajar mengajar dalam mala ajaran yang
diasuhnya. Ada pula institusi yang membentuk satu tim khusus
yang bertanggung jawab dalam mengelola serta membina peserta
didik dalam membuat student portfolio sebagai salah satu syarat
kelulusan atau prasyarat untuk dapat mengambil mata ajaran
dalam tahap lebih tinggi. Sebuah institusi dapat pula menunjuk
sebuah unit di institusi tersebut untuk mengelola dan mewajibkan
seluruh peserta didik membuat student portfolio yang memuat
sejarah belajar dari peserta didik secara keseluruhan dari awal
hingga akhir masa studinya.
Student portfolio pada umumnya dimanfaatkan sebagai
bagian dari proses belajar mengajar untuk membangun motivasi
dengan melibatkan mahasiswa secara aktif dalam proses belajar
maupun evaluasi hasil belajar. Tujuan ini dijabarkan antara lain
dengan cara membantu peserta didik dalam menetapkan dan
mengevaluasi tujuan belajar secara periodik; menanamkan rasa
tanggung jawab atas proses belajar mereka sendiri; mengajak
mereka untuk melakukan refleksi diri sebagai komponen penting
422