Page 383 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 383
Sistem audio ruangan dan perangkat juga harus
diperhatikan proses integrasinya agar tidak menghasilkan echo,
feedback yang dapat mengganggu peserta dalam mengikuti
keseluruhan proses e-learning tersebut. Keterbatasan lainnya dari
teknologi ini adalah terbatasnya jaringan ISDN baik di Indonesia
maupun di negara lainnya.
Adapun kelebihan yang dapat diperoleh dalam menye-
lenggarakan e-learning dengan menggunakan Videoconferencing
ini adalah sebagai berikut.
• adanya interaksi langsung dengan visualisasi video antara
siswa belajar dengan dosen/instruktur ataupun antar siswa.
• Sistem perangkat dapat diintegrasikan dengan media
perangkat lainnya (mis: kamera dokumen, komputer, Video
recorded player) untuk memberi deskripsi atau simulasi dari
bahan yang diajarkan.
• Memungkinkan untuk melibatkan secara langsung seorang
ahli yang berbeda secara geographis (mis: Pakar dari Luar
Negeri).
c. Teknologi Videoconferencing melalui Jaringan Internet
Teknologi videoconterencing saat ini berkembang sangat
pesat dari sisi teknologi kompresi videonya, perangkat yang
mendukung (software dan hardware) dan teknologi transmisinya.
Dari sisi transmisi, Videoconferencing melalui Jaringan Internet
(IP-Intemet Protoco~. yang diatur standarnya oleh ITU melalui
standard H.323, saat ini menjadi teknologi yang potensial untuk
diterapkan bagi e-leaming. Beberapa perangkat keras video-
conferencing (hardware based) maupun perangkat lunak
(software based) sudah dapat dilewatkan melalui jaringan Internet
untuk melakukan videoconferencing interaktif secara point to point
maupun multipoints. Bahkan saat ini konvergensi antara
365