Page 387 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 387

Cakmll'<lltt Pendidikan 2


         •   Dapat  diciptakan  interaksi  yang  bersifat  real  time  (chatting,
             audiolvideomulticasting)  maupun  non-real  time  (e-mail,
             bul/etting board, mailinglist).
         •   Dapat mengakomodasi keseluruhan  proses belajar, mulai dari
            registrasi,  penyampaian  materi,  diskusi,  evaluasi  dan  juga
            transaksi.
         •   Dapat diakses dari lokasi mana saja dan bersifat globaL
         •   Materi dapat dirancang secara multimedia dan dinamis.
         •   Peserta  belajar  dapat  terhubung  ke  berbagai  perpustakaan
            maya  di  seluruh  dunia  dan  menjadikannya  sebagai  media
            penelitian dalam meningkatkan pemahaman pada bahan ajar.
         •   Guru/instruktur/dosen  dapat  secara  cepat  menambahkan
            referensi  bahan  aJar  yang  bersifat  stud1  kasus,  trend  industri
            dan  proyeksi  teknotogi  kedepan  melalui  berbagai  sumber
             untuk menambah wawasan peserta terhadap bahan ajarnya.
                Adapun  beberapa  kelemahan  yang  dapat  timbul  dalam
         pemanfaatan Internet untuk e-/eaming (web learning) adalah:
         •   Buruknya  atau  kurang  terencananya  perancangan  aplikasi
             web  learning  sehingga  tidak  sesuai  dengan  kebutuhan
            pengguna,  misalnya  tidak  user  friendly,  tidak  reliabel,  dan
            proses yang tidak jelas.
         •   Para  pengguna tidak  mengetahui  dan  mengenal  secara baik
            sistem  yang  digunakan  akibat  tidak  adanya  sosialisasi  dari
            sistem (user guide).
         •   Permasalahan  bandwidth  yang  kecil  dapat  mengakibatkan
             lamanya  waktu  akses  hal  ini  juga  dapat  disebabkan  oleh
            buruknya  perancangan  materi  yang  memiliki ukuran  file  yang
            besar (akibat adanya unsur audio, video).
                Untuk  dapat  mengatasi  berbagai  kendala  yang  mungkin
         timbul  dalam  menerapkan  Internet  untuk  e-/earning,  perlu
         dipertimbangkan berbagai hal berikut:





                                                                 369
   382   383   384   385   386   387   388   389   390   391   392