Page 387 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 387
Cakmll'<lltt Pendidikan 2
• Dapat diciptakan interaksi yang bersifat real time (chatting,
audiolvideomulticasting) maupun non-real time (e-mail,
bul/etting board, mailinglist).
• Dapat mengakomodasi keseluruhan proses belajar, mulai dari
registrasi, penyampaian materi, diskusi, evaluasi dan juga
transaksi.
• Dapat diakses dari lokasi mana saja dan bersifat globaL
• Materi dapat dirancang secara multimedia dan dinamis.
• Peserta belajar dapat terhubung ke berbagai perpustakaan
maya di seluruh dunia dan menjadikannya sebagai media
penelitian dalam meningkatkan pemahaman pada bahan ajar.
• Guru/instruktur/dosen dapat secara cepat menambahkan
referensi bahan aJar yang bersifat stud1 kasus, trend industri
dan proyeksi teknotogi kedepan melalui berbagai sumber
untuk menambah wawasan peserta terhadap bahan ajarnya.
Adapun beberapa kelemahan yang dapat timbul dalam
pemanfaatan Internet untuk e-/eaming (web learning) adalah:
• Buruknya atau kurang terencananya perancangan aplikasi
web learning sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan
pengguna, misalnya tidak user friendly, tidak reliabel, dan
proses yang tidak jelas.
• Para pengguna tidak mengetahui dan mengenal secara baik
sistem yang digunakan akibat tidak adanya sosialisasi dari
sistem (user guide).
• Permasalahan bandwidth yang kecil dapat mengakibatkan
lamanya waktu akses hal ini juga dapat disebabkan oleh
buruknya perancangan materi yang memiliki ukuran file yang
besar (akibat adanya unsur audio, video).
Untuk dapat mengatasi berbagai kendala yang mungkin
timbul dalam menerapkan Internet untuk e-/earning, perlu
dipertimbangkan berbagai hal berikut:
369