Page 388 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 388
Simamum, E-lt:ami11g: Kumep <11111
• Pemahaman yang utuh akan peran Internet pada
pengajar/guru; Internet akan dapat mengurangi peran dari
seorang guru dalam melaksanakan proses e-/eaming ini dan
hal ini mungkin dapat menjadi resistensi bagi beberapa orang.
• Diperkirakan pengajar akan lebih banyak waktunya habis
untuk memfasilitasi diskusi, menjawab berbagai pertanyaan
dan topik diskusi yang muncul.
• Lingkungan belajar e-/eaming dapat lebih bersifat personal
dibandingkan dengan kelas konvensional.
• Pengajar sebaiknya memiliki keterampilan HTML untuk dapat
lebih mudah mengelola keseluruhan materi basis Internet.
• Pengajar sebaiknya banyak melakukan berbagai penelitian
dan pencarian database terkait materi untuk melakukan
updating terhadap bahan ajar.
• Secara konsisten dan rutin, pengaJar sebaiknya melakukan
review terhadap bahan ajar untuk menjamin berjalannya link
HTML yang ditampilkan pada bahan ajar.
Suatu penelitian mengungkapkan hasil proses e-Jearning
dengan menggunakan Internet sebagai berikut:
• Kualitas siswa jauh melebihi dibandingkan kelas konven-
sional.
• Siswa memiliki antusiasme yang tinggi dalam mengikuti dan
menyelesaikan keseluruhan proses.
• Adanya tingkat kepuasan yang substansial pada siswa
melalui pendekatan constructivist pedagogical.
• . Siswa dapat menJalankan seluruh fungsi sistem secara baik
pada sesi bahan ajar maupun dalam proses pencarian
berbagai sumber di Internet.
370