Page 388 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 388

Simamum,  E-lt:ami11g:  Kumep <11111


         •   Pemahaman    yang   utuh   akan   peran   Internet   pada
            pengajar/guru;  Internet  akan  dapat  mengurangi  peran  dari
            seorang  guru  dalam  melaksanakan  proses  e-/eaming ini  dan
            hal ini mungkin dapat menjadi resistensi bagi beberapa orang.
         •   Diperkirakan  pengajar  akan  lebih  banyak  waktunya  habis
            untuk  memfasilitasi  diskusi,  menjawab  berbagai  pertanyaan
            dan topik diskusi yang muncul.
         •   Lingkungan  belajar  e-/eaming  dapat  lebih  bersifat  personal
            dibandingkan dengan kelas konvensional.
         •   Pengajar sebaiknya memiliki  keterampilan  HTML untuk dapat
            lebih mudah mengelola keseluruhan materi basis Internet.
         •   Pengajar  sebaiknya  banyak  melakukan  berbagai  penelitian
            dan  pencarian  database  terkait  materi  untuk  melakukan
            updating terhadap bahan ajar.
         •   Secara  konsisten  dan  rutin,  pengaJar  sebaiknya  melakukan
            review  terhadap  bahan  ajar  untuk  menjamin  berjalannya  link
            HTML yang ditampilkan pada bahan ajar.
                Suatu  penelitian  mengungkapkan  hasil  proses  e-Jearning
         dengan menggunakan Internet sebagai berikut:
         •   Kualitas  siswa  jauh  melebihi  dibandingkan  kelas  konven-
            sional.
         •   Siswa  memiliki  antusiasme  yang  tinggi  dalam  mengikuti  dan
            menyelesaikan keseluruhan proses.
         •   Adanya  tingkat  kepuasan  yang  substansial  pada  siswa
            melalui pendekatan constructivist pedagogical.
         •  . Siswa  dapat  menJalankan  seluruh  fungsi  sistem  secara  baik
            pada  sesi  bahan  ajar  maupun  dalam  proses  pencarian
            berbagai sumber di Internet.










         370
   383   384   385   386   387   388   389   390   391   392   393