Page 382 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 382

SiiiUIItiUm,  E-leanuug: Konwp dull  .



        Biasanya MCU terhubung pada akses dengan kapasitas 1 PRA (2
        Mbps) atau kelipatannya.


        b.  Kelebihan  dan  Keterbatasan  Penerapan  Videoconterencing
            untuk a-Learning
               Dalam  menerapkan  teknologi  e-Learning  videoconferenc-
        ing  ini  terdapat  beberapa  keterbatasan,  yakni  relatif  mahalnya
        nilai  investasi  awal  yang  dibutuhkan   untuk  membangun
        kapabilitas tersebut.  D1samping  itu  beberapa perangkat ada  yang
        belum  kompatibel  secara  menyeluruh  dengan  perangkat  lainnya
        (perbedaan manufaktur dan standar). Namun melalui International
        Telecommunication  Union  (ITU)  telah  dilakukan  standarisasi
        untuk  teknologi  videoconferencing  tersebut,  yakni  H.320  untuk
        videoconterencing  basis  Integrated  Digital  Service  Network
        (ISDN) dan H.323 untuk  videoconferencing basis Internet Protocol
        (IP).
               Dalam  penyelenggaraan  kelas  a-learning  dengan  meng-
        gunakan  videoconferencing  perlu  diperhatikan  dan  dilaku-kan
        suatu  aktifitas  yang  dapat  melibatkan  peserta  (siswa)  untuk
        melakukan  interaksi  dan  diskusi  dengan  pengajar  atau  siswa
        lainnya  yang  berbeda  lokasi.  Disamping  itu  penyampaian  materi
        {paper,  presentasi)  harus  dapat memperhallkan  kondisi  besarnya
        huruf  dan  komposisi  warna  agar  dapat  terlihat  jelas  oleh  seluruh
        peserta.  Hal  ini  disebabkan  adanya  proses  kompresi-dekompresi
        yang  menyebabkan  degradasi  pada  warna.  Disamping  itu
        besaran  bandwidth  juga  akan  sangat  mempengaruhi  kualitas
        gambar  pada  akh1rnya.  Pergerakan  yang  tiba-tiba  dan  sering
        sebaiknya dapat dihindarkan  karena akan  menghasilkan  gerakan
        video  yang  patah-patah  terutama  pada  kondisi  bandwidth  yang
        kecil (128 Kbps).






        364
   377   378   379   380   381   382   383   384   385   386   387