Page 222 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 222
Cakrmmla Pendidikan 2
7. Waktu belajar relatif lebih efisien, misalnya bagi mereka yang
tinggal jauh dari perguruan tinggi atau sekolah konvensional,
bagi mereka yang sibuk bekerja, bagi mereka yang bertugas
di kapal, atau di luar negeri.
Keunggulan Internet memang diakui oleh banyak
kalangan namun harus pula diakui ada beberapa kekurangan
yang harus diantisipasi. Oleh karen a itu pemanfaatan Internet
atau e-/earning juga tidak terlepas dari berbagai kritik (Bullen,
2001; Beam, 1997). Beberapa kekurangan e-/earning antara lain
dapat disebutkan sebagai berikut:
1. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar
siswa itu sendiri. Kurangnya interaksi ini dapat memperlambat
terbentuknya values dalam proses belajar dan mengajar.
2. Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek
sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/
komersial.
3. Proses belajar dan mengajarnya cenderung mengarah ke
pelatihan daripada pendidikan.
4. Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik
pembelajaran konvensional kini juga dituntut mengetahui
teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.
5. Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi
.cenderung gagal.
6. Tidak semua tempat tersedia fasilitas Internet (mungkin hal ini
berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon ataupun
komputer).
7. Kurangnya sumber daya manusia yang mengetahui dan
memiliki keterampilan mengenai Internet.
8. Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
Berkembangnya pengguna Internet di Indonesia atau di
Asia terjadi bersamaan dengan berkembangnya piranti keras
(hardware) teknologi informasi di Asia. Menurut catatan Far
205