Page 222 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 222

Cakrmmla Pendidikan 2



    7.  Waktu  belajar  relatif  lebih  efisien,  misalnya  bagi  mereka yang
        tinggal  jauh  dari  perguruan  tinggi  atau  sekolah  konvensional,
        bagi  mereka  yang  sibuk  bekerja,  bagi  mereka  yang  bertugas
        di  kapal, atau di luar negeri.
           Keunggulan   Internet  memang  diakui  oleh  banyak
    kalangan  namun  harus  pula  diakui  ada  beberapa  kekurangan
    yang  harus  diantisipasi.  Oleh  karen a  itu  pemanfaatan  Internet
    atau  e-/earning  juga  tidak  terlepas  dari  berbagai  kritik  (Bullen,
    2001;  Beam,  1997).  Beberapa  kekurangan  e-/earning  antara  lain
    dapat disebutkan sebagai berikut:
    1.  Kurangnya  interaksi antara guru dan siswa atau  bahkan  antar
        siswa itu  sendiri.  Kurangnya interaksi ini dapat memperlambat
       terbentuknya  values dalam proses belajar dan mengajar.
    2.  Kecenderungan  mengabaikan  aspek  akademik  atau  aspek
       sosial  dan  sebaliknya  mendorong  tumbuhnya  aspek  bisnis/
       komersial.
    3.  Proses  belajar  dan  mengajarnya  cenderung  mengarah  ke
       pelatihan daripada pendidikan.
    4.  Berubahnya  peran  guru  dari  yang  semula  menguasai  teknik
       pembelajaran  konvensional  kini  juga  dituntut  mengetahui
       teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.
    5.  Siswa  yang  tidak  mempunyai  motivasi  belajar  yang  tinggi
       .cenderung gagal.
    6.  Tidak semua tempat tersedia fasilitas  Internet (mungkin hal ini
       berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon ataupun
       komputer).
    7.  Kurangnya  sumber  daya  manusia  yang  mengetahui  dan
       memiliki keterampilan mengenai Internet.
    8.  Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
           Berkembangnya  pengguna  Internet  di  Indonesia  atau  di
    Asia  terjadi  bersamaan  dengan  berkembangnya  piranti  keras
    (hardware)  teknologi  informasi  di  Asia.  Menurut  catatan  Far


                                                            205
   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226   227