Page 219 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 219
Sr)('korrmri. (7/nholi.ln~t l'endidi/.:nn dn11 Drmtpnkum ....
Indonesia. Tetapi oleh karena berbagai keterbatasan maka
fasilitas Internet di Indonesia belum semuanya disiapkan dengan
baik. Meskipun harus diakui bahwa pemerintah Ielah memfasilitasi
tumbuh dan berkembangnya Internet di Indonesia namun karena
keterbatasan yang ada maka fasilitas itu belum seperti yang
d1harapkan. Misalnya Warung lnformasi dan Teknologi atau
WARINTEK (Technology Information Kiosk) yang diselenggara-
kan oleh Kantor Menteri Negara Rise! dan T eknologi dan POll-
LIP! baru dimulai bulan Agustus 2000 (Munaf, 2001 ). Demikian
JUga, fasilitas telepon dan listrik baru tersedia secara terbatas di
berbagai daerah di Indonesia. Belum lagi ketersediaan cyberlaws
yang tidak jelas dan kurang diketahui oleh masyarakat luas yang
juga menghambat bertambahnya investor di bidang IT Internet ini.
T eknologi pembelajaran melalui Internet sering disebut e-
learning. Karakteristik e-learning, antara lain sebagai berikut.
1. Memanfaatkan jasa teknologi elektronik, dimana guru dan
siswa dapat berkomunikasi dengan relatif mudah tanpa
dibatasi oleh hal-hal yang protokoler.
2. Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan
computer networks).
3. Bahan ajar bersifat mandiri (self learning materials) disimpan
di komputer sehingga dapat diakses oleh guru dan siswa
kapan saja dan dimana saja bila yang bersangkutan memer-
lukannya.
4. Jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan
hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat
dilihat setiap saat di komputer.
Menyadari bahwa dengan Internet dapat ditemukan
berbagai informasi dan informasi itu dapat diakses secara lebih
mudah, kapan saja, dan dimana saja maka pemanfaatan Internet
menjadi suatu kebutuhan. Bukan itu saja, pengguna Internet
202