Page 219 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 219

Sr)('korrmri.  (7/nholi.ln~t l'endidi/.:nn dn11  Drmtpnkum ....


             Indonesia.  Tetapi  oleh  karena  berbagai  keterbatasan  maka
             fasilitas  Internet di  Indonesia belum  semuanya  disiapkan  dengan
             baik. Meskipun harus diakui bahwa pemerintah Ielah memfasilitasi
             tumbuh  dan  berkembangnya  Internet di  Indonesia namun  karena
             keterbatasan  yang  ada  maka  fasilitas  itu  belum  seperti  yang
             d1harapkan.  Misalnya  Warung  lnformasi  dan  Teknologi  atau
             WARINTEK  (Technology  Information  Kiosk)  yang  diselenggara-
             kan  oleh  Kantor  Menteri  Negara  Rise!  dan  T eknologi  dan  POll-
             LIP!  baru  dimulai  bulan  Agustus  2000  (Munaf,  2001 ).  Demikian
             JUga,  fasilitas  telepon  dan  listrik  baru  tersedia  secara  terbatas  di
             berbagai daerah  di  Indonesia.  Belum  lagi  ketersediaan  cyberlaws
             yang  tidak  jelas  dan  kurang  diketahui oleh  masyarakat luas  yang
             juga menghambat bertambahnya investor di  bidang IT  Internet ini.
                    T eknologi  pembelajaran  melalui  Internet sering disebut  e-
             learning. Karakteristik e-learning, antara lain sebagai berikut.
             1.  Memanfaatkan  jasa  teknologi  elektronik,  dimana  guru  dan
                 siswa  dapat  berkomunikasi  dengan  relatif  mudah  tanpa
                 dibatasi oleh hal-hal yang protokoler.
             2.  Memanfaatkan  keunggulan  komputer  (digital  media  dan
                 computer networks).
             3.  Bahan  ajar bersifat  mandiri  (self learning  materials)  disimpan
                 di  komputer  sehingga  dapat  diakses  oleh  guru  dan  siswa
                 kapan  saja dan  dimana saja  bila  yang  bersangkutan  memer-
                 lukannya.
             4.  Jadwal  pembelajaran,  kurikulum,  hasil  kemajuan  belajar  dan
                 hal-hal  yang  berkaitan  dengan  administrasi  pendidikan  dapat
                 dilihat setiap saat di komputer.
                    Menyadari  bahwa  dengan  Internet  dapat  ditemukan
             berbagai  informasi  dan  informasi  itu  dapat  diakses  secara  lebih
             mudah,  kapan  saja,  dan dimana saja maka  pemanfaatan  Internet
             menjadi  suatu  kebutuhan.  Bukan  itu  saja,  pengguna  Internet




             202
   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224