Page 218 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 218
Cakmwa/a Pendidikml 2
Tabel 3. Jumlah Domains dan Pertumbuhannya di
Indonesia, 1995-2002
Jumlah
Tahun Jumlah Domains Baru
Domains
1995 87 87
1996 240 327
1997 722 1049
1998 1484 2533
1999 2163 4696
2000 4266 8962
---
2001 (Maret) 823 9785
Sumber: lndoc/sc (200 1 ).
Walaupun jumlah pengguna Internet maupun jumlah
Internet domains di Indonesia naik secara tajam namun
pemanfaatan Internet untuk pembelajaran masih terbatas.
Padahal di negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia,
Internet dan fasilitas ICT sudah dimanfaatkan di sekolah-sekolah
lanjutan. Hal ini berarti di tiap sekolah lanjutan sudah disediakan
fasilitas komputer. Di Malaysia sekolah seperti ini dikenal dengan
istilah SMART School. Sekolah ini bekerjasama dengan Telekom
Malaysia dimana Information Technology (IT) dan Internet bukan
hanya dimanfaatkan untuk keperluan proses belajar dan mengajar
tetapi juga dipakai untuk tujuan efisiensi manajemen pengelolaan
pendidikan. Pejabat yang membidangi pendidikan, baik di tingkat
distrik maupun di tingkat nasional, dapat memonitor pelaksanaan
proses belajar dan mengajar di sekolah secara lebih mudah.
Pemanfaatan Internet di Indonesia sebenrJ.rnya masih
dapat ditingkatkan kalau fasilitas yang mendukungnya memadai.
Hal ini bukan saja didukung oleh data seperti yang telah disajikan,
namun juga didorong oleh semakin banyaknya warung-warung
Internet (Internet kiosk) yang muncul diberbagai pelosok di
201