Page 218 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 218

Cakmwa/a Pendidikml 2


              Tabel  3.  Jumlah Domains dan Pertumbuhannya di
                      Indonesia,  1995-2002

                                                   Jumlah
               Tahun       Jumlah  Domains Baru
                                                  Domains
               1995                87                 87
               1996               240                327
               1997               722               1049
               1998              1484               2533
               1999              2163               4696
               2000              4266               8962
          ---
            2001  (Maret)         823               9785
          Sumber: lndoc/sc (200 1 ).


            Walaupun  jumlah  pengguna  Internet  maupun  jumlah
     Internet  domains  di  Indonesia  naik  secara  tajam  namun
     pemanfaatan  Internet  untuk  pembelajaran  masih  terbatas.
     Padahal  di  negara  tetangga  seperti  Thailand  dan  Malaysia,
     Internet dan  fasilitas  ICT sudah  dimanfaatkan  di  sekolah-sekolah
     lanjutan.  Hal  ini  berarti  di  tiap  sekolah  lanjutan  sudah  disediakan
     fasilitas  komputer.  Di  Malaysia  sekolah  seperti  ini  dikenal dengan
     istilah  SMART School.  Sekolah  ini  bekerjasama dengan Telekom
     Malaysia  dimana  Information  Technology  (IT)  dan  Internet bukan
     hanya dimanfaatkan untuk keperluan proses belajar dan mengajar
     tetapi  juga dipakai  untuk tujuan  efisiensi  manajemen pengelolaan
     pendidikan.  Pejabat yang  membidangi  pendidikan,  baik  di  tingkat
     distrik maupun  di tingkat  nasional,  dapat memonitor pelaksanaan
     proses belajar dan mengajar di sekolah secara lebih mudah.
            Pemanfaatan  Internet  di  Indonesia  sebenrJ.rnya  masih
     dapat  ditingkatkan  kalau  fasilitas  yang  mendukungnya  memadai.
     Hal ini bukan saja didukung oleh data seperti yang telah  disajikan,
     namun  juga  didorong  oleh  semakin  banyaknya  warung-warung
     Internet  (Internet  kiosk)  yang  muncul  diberbagai  pelosok  di


                                                             201
   213   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223