Page 221 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 221

.\'odartaH'i,  (;to/•alisasi  Pendidikan dan  l.lampaknm ....



              Course  Using  WebCT,  Distance  Education  Course  on  Data
              Management  for  Rural  Development  Using  WebCT,  Hands  on
              Training  in  the  Development  of  Web  and  CO-based  Learning
              Program  for  On-fine  Course,  Utilization  of Internet  for  Teaching
              and Training,  On-line Course through  WebCT,  E-feaming Material
              Devefopmenr  Using  WebCT  telah  dilakukan.  Pada  tahun
              anggaran  2001/2002  SEAMOLEC  telah  melatih  sebanyak  186
              orang dari  10 negara ASEAN (SEAMOLEC, 2002).
                     Berbagai  pengalaman  dan  juga  berbagai  informasi  yang
             tersedia  di  literatur  menunjukkan  tentang  manfaat  penggunaan
              Internet,  khususnya  dalam  pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh
             (Soekartawi,  2002a;  Mulvihill,  1997;  Utarini,  1997).  Manfaat
              Internet antara lain sebagai berikut.
              1.  Tersedianya  fasilitas  e-moderating  dimana  guru  dan  siswa
                 dapat  berkomunikasi  secara  mudah  melalui  fasilitas  Internet
                 secara  regular  atau  kapan  saja  tanpa  dibatasi  oleh  jarak,
                 tempat, dan waktu.
             2.  Guru  dan  siswa  dapat  menggunakan  bahan  ajar  atau
                 petunjuk  belajar  yang  terstruktur  dan  terjadwal  melalui
                 Internet  sehingga  keduanya  dapat  saling  menilai  sampai
                 seberapa jauh bahan ajar dipelajari.
             3.  Siswa  dapat  belajar  atau  me-review bahan  ajar  setiap  saat
                 dan  dimana  saja  kalau  diperlukan  mengingat  bahan  ajar
                 tersimpan di komputer.
             4.  Bila  siswa  memerlukan  tambahan  informasi  yang  berkaitan
                 dengan  bahan  yang  dipelajarinya,  ia  dapat melakukan  akses
                 di Internet secara lebih mudah.
             5.  Baik  guru  maupun  siswa  dapat  melakukan  diskusi  melalui
                 Internet  sehingga   menambah  ilmu   pengetahuan  dan
                 wawasan.  Oiskusi  ini  dapat  diikuti  oleh  banyak  siswa
                 sekaligus.
             6.  Peran  siswa berubah dari biasanya pasif menjadi aktif;



             204
   216   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226