Page 210 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 210

SoekartaH'i,  (i/nhali\asi  l'endidi/.:an  dan  f)ampakm·a  ....



                     Dengan demikian ada tiga hal yang mencirikan globalisasi
              pada abad 21  sebagai berikut.
              1.  Adanya  perpindahan  dan  mobilisasi  penduduk  yang  berkem·
                  bang  cepat  dari  satu  tempat  ke  tempat  lain  atau  dari  satu
                  negara ke negara lain.
              2.  Adanya  fasilitas  teknologi  informasi  dan  komunikasi  atau
                  Information  Communication  and  Technology  (ICT)  yang
                  tersedia dan yang berkembang secara cepat.
              3.  Adanya  kompetisi  yang  begitu  tajam  untuk  memperoleh
                  pekerjaan.
                     Berdasarkan  tiga  aspek  tersebut  maka  dapat  dikatakan
              bahwa  globalisasi  pendidikan  berkaitan  dengan  upaya  mening-
              katkan  kualitas  pendidikan  agar  mampu  berkompetisi  atau
              bersaing untuk memperoleh  pekerjaan.  Upaya  ini  dapat dilakukan
              dengan  memanfaatkan  tersedianya  ICT  dan  !ersedianya  tenaga
              ahli dengan mobilitas yang cepat.  Dengan kala lain, tantangannya
              adalah  bagaimana  menyediakan  dan  mempersiapkan  SDM  yang
              berkualitas  melalui   pemanfaatan  teknologi  informasi  untuk
              menjawab tantangan pada abad 21  ini.

              B.  SDM yang Berkualitas

                     Globalisasi memang menghendaki SDM  yang berkualitas.
              Globalisasi juga menuntut adanya perubahan cara pandang (mind
              set)  para  ahli  pendidikan  agar  hasil  pendidikan  (lulusan)  dapat
              mengantisipasi  perubahan  global  di  dunia  ini.  Banyak  buku  yang
              Ieiah  diterbitkan  tentang  perlunya  perubahan  cara  pandang  di
              bidang  pendidikan  ini.   Bukan  saja  perubahan  teknologi
              flP.mhelajn ran,  lama  belajar,  cakupan  bah an  ajar  a tau  aspek
              pendidikan  yang  lain,  namun  juga  pendekatan  yang  dipakai.  Di
              bidang  pendidikan,  para  pendidik  tidak  hanya  perlu  mengetahui
              cara  menanamkan  values  (nilai-nilai)  pekerti  pada  anak  didik




              194
   205   206   207   208   209   210   211   212   213   214   215