Page 210 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 210
SoekartaH'i, (i/nhali\asi l'endidi/.:an dan f)ampakm·a ....
Dengan demikian ada tiga hal yang mencirikan globalisasi
pada abad 21 sebagai berikut.
1. Adanya perpindahan dan mobilisasi penduduk yang berkem·
bang cepat dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu
negara ke negara lain.
2. Adanya fasilitas teknologi informasi dan komunikasi atau
Information Communication and Technology (ICT) yang
tersedia dan yang berkembang secara cepat.
3. Adanya kompetisi yang begitu tajam untuk memperoleh
pekerjaan.
Berdasarkan tiga aspek tersebut maka dapat dikatakan
bahwa globalisasi pendidikan berkaitan dengan upaya mening-
katkan kualitas pendidikan agar mampu berkompetisi atau
bersaing untuk memperoleh pekerjaan. Upaya ini dapat dilakukan
dengan memanfaatkan tersedianya ICT dan !ersedianya tenaga
ahli dengan mobilitas yang cepat. Dengan kala lain, tantangannya
adalah bagaimana menyediakan dan mempersiapkan SDM yang
berkualitas melalui pemanfaatan teknologi informasi untuk
menjawab tantangan pada abad 21 ini.
B. SDM yang Berkualitas
Globalisasi memang menghendaki SDM yang berkualitas.
Globalisasi juga menuntut adanya perubahan cara pandang (mind
set) para ahli pendidikan agar hasil pendidikan (lulusan) dapat
mengantisipasi perubahan global di dunia ini. Banyak buku yang
Ieiah diterbitkan tentang perlunya perubahan cara pandang di
bidang pendidikan ini. Bukan saja perubahan teknologi
flP.mhelajn ran, lama belajar, cakupan bah an ajar a tau aspek
pendidikan yang lain, namun juga pendekatan yang dipakai. Di
bidang pendidikan, para pendidik tidak hanya perlu mengetahui
cara menanamkan values (nilai-nilai) pekerti pada anak didik
194