Page 212 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 212
Soeknrtml'i. (1/o/Jn/ilaii l'endidikan dan Dampaknra ....
Ieiah dibahas. ltu semuanya adalah dalam kerangka menyiapkan
SDM Indonesia yang berkualitas untuk menjawab tantangan di
abad 21 ini.
Karena globalisasi tidak mengenal batas jarak. waktu,
dan tempat maka penyelenggaraan pendidikan sekarang dan
masa mendatang akan semakin banyak melibatkan SDM yang
berasal dari luar Indonesia, apakah itu tenaga pendidiknya
(misalnya dosennya), tenaga pengelolanya (administratornya),
atau bahkan fasilitasnya (seperti laboratorium, fasilitas praktek,
perpustakaan dan sebagainya).
C. Tersedianya ICT
Berkembangnya ICT di bidang pendidikan dapat dilihat
dari berbagai bentuk teknologi untuk pembelajaran. Teknologi ini
interaksinya dapat bersifat satu arah (one way) dan dapat dua
arah (two way), atau kombinasi diantara keduanya. Sebagai
contoh, teknologi informasi untuk e-learning, dapat menggunakan
audio (radio, tape recorder, telepon), video (videotape, video
broadcast), atau media yang lainnya. Pada Tabel 1 dapat dilihat
contoh teknologi informasi yang sering dipakai pada pembelajaran
yang memanfaatkan jasa elektronika ( e-learning).
Penggunaan teknologi informasi di bidang pendidikan
sangat tergantung dari apakah pengguna teknologi informasi
mempunyai dana untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Perlu
juga diperhatikan, dalam hal-hal tertentu penggunaan teknologi
informasi memang mahal.
Soekartawi (2002a) mengemukakan bahwa pemanfaatan
teknologi informasi seperti Internet untuk kegiatan pembelajaran,
misalnya dalam bentuk virtual library atau virtual campus,
berkembang begitu cepat. Hal ini bukan saja terjadi di Indonesia
196