Page 212 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 212

Soeknrtml'i.  (1/o/Jn/ilaii  l'endidikan dan Dampaknra ....



             Ieiah dibahas.  ltu  semuanya  adalah  dalam  kerangka  menyiapkan
             SDM  Indonesia  yang  berkualitas  untuk  menjawab  tantangan  di
             abad 21  ini.
                    Karena  globalisasi  tidak  mengenal  batas  jarak.  waktu,
             dan  tempat  maka  penyelenggaraan  pendidikan  sekarang  dan
             masa  mendatang  akan  semakin  banyak  melibatkan  SDM  yang
             berasal  dari  luar  Indonesia,  apakah  itu  tenaga  pendidiknya
             (misalnya  dosennya),  tenaga  pengelolanya  (administratornya),
             atau  bahkan  fasilitasnya  (seperti  laboratorium,  fasilitas  praktek,
             perpustakaan dan sebagainya).

             C.  Tersedianya ICT

                    Berkembangnya  ICT  di  bidang  pendidikan  dapat  dilihat
             dari  berbagai  bentuk  teknologi  untuk  pembelajaran.  Teknologi  ini
             interaksinya  dapat  bersifat  satu  arah  (one  way)  dan  dapat  dua
             arah  (two  way),  atau  kombinasi  diantara  keduanya.  Sebagai
             contoh,  teknologi  informasi untuk  e-learning, dapat menggunakan
             audio  (radio,  tape  recorder,  telepon),  video  (videotape,  video
             broadcast),  atau  media  yang  lainnya.  Pada  Tabel  1 dapat  dilihat
            contoh teknologi informasi yang sering dipakai pada pembelajaran
             yang memanfaatkan jasa elektronika (  e-learning).
                    Penggunaan  teknologi  informasi  di  bidang  pendidikan
             sangat  tergantung  dari  apakah  pengguna  teknologi  informasi
             mempunyai  dana  untuk  memanfaatkan  teknologi  tersebut.  Perlu
            juga  diperhatikan,  dalam  hal-hal  tertentu  penggunaan  teknologi
             informasi memang mahal.
                    Soekartawi  (2002a)  mengemukakan  bahwa  pemanfaatan
             teknologi  informasi  seperti  Internet  untuk  kegiatan  pembelajaran,
            misalnya  dalam  bentuk  virtual  library  atau  virtual  campus,
            berkembang  begitu cepat.  Hal  ini bukan saja terjadi di Indonesia





            196
   207   208   209   210   211   212   213   214   215   216   217