Page 125 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 125

112  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


        4.  Dapat memberikan umpan balik.
        5.  Menciptakan proses belajar berkesinambungan.

            Karakteristik  media  berbasis  komputer  ini  sangat  potensial  untuk
        dimanfaatkan  sebagi  media  pembelajaran  dalam  SPJJ.  Potensi  yang  sulit
        diperoleh  melalui  media  lain  dapat  terakomodasi.  Keunggulan  media
        berbasis komputer dari segi kemampuan menghadirkan interaktivitas telah
        dieksploitasi dalam berbagai bentuk penyajian. Enam bentuk interaksi yang
        dapat diaplikasikan dalam merancang materi pembelajaran, yaitu:
        1.  Praktek dan latihan (drill and practice).
        2.  Tutorial.
        3.  Permainan (game).
        4.  Simulasi (simulation).
        5.  Penemuan (discovery).
        6.  Pemecahan masalah (problem solving).

            Keenam  bentuk  penyajian  materi  melalui  media  komputer  masing-
        masing  memiliki  keunggulan  dan  keterbatasan.  Program  yang  berbentuk
        drill  and  practice  umumnya  digunakan  untuk  menyajikan  materi
        pembelajaran yang bersifat konsep, prinsip atau prosedur. Bentuk penyajian
        ini  ditujukan  untuk  melatih  kecakapan  dan  keterampilan.  Interaksi  yang
        digunakan pada bentuk penyajian ini dilakukan dengan cara pemberian soal
        atau  kasus  yang  memerlukan  respons  dari  peserta  didik  sekaligus  disertai
        umpan baliknya.
            Bentuk  lain  dari  penyajian  media  berbantuan  komputer  ini  adalah
        tutorial. Program ini menyajikan informasi atau pengetahuan tertentu yang
        diikuti  dengan  latihan  pemecahan  soal  dan  kasus.  Bentuk  interaksi  yang
        terlihat  menonjol  dalam  penyajian  ini  adalah  penyajian  informasi  dalam
        bentuk bercabang (branch), yang memberikan kebebasan bagi peserta didik
        untuk mempelajari materi ajar. Penyajian dalam bentuk permainan (games)
        umumnya  ditujukan  untuk  memotivasi  peserta  didik  dalam  mempelajari
        materi atau informasi yang disampaikan.
            Simulasi  sebagai  salah  satu  bentuk  penyajian  media  berbantuan
        komputer, merupakan sebuah upaya untuk melibatkan peserta didik dalam
        persoalan  yang  mirip  dengan  situasi  yang  sebenarnya  tanpa  risiko  yang
        nyata. Melalui program simulasi, peserta diajak untuk membuat keputusan
        yang tepat dari beberapa alternatif solusi yang ada. Setiap keputusan yang
   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130