Page 123 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 123
110 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, juga mencakup
untuk mengirimkan informasi oleh individu kepada individu-individu lainnya
atau kelompok organisasi.
Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) sebagai suatu produk dan
proses telah berkembang sedemikian rupa sehingga mempengaruhi segenap
kehidupan kita dalam berbagai bentuk aplikasi. Alvin Toffler dalam Miarso
(2011) menggambarkan perkembangan itu sebagai revolusi yang
berlangsung dalam tiga gelombang. Gelombang pertama timbul dalam
bentuk teknologi pertanian, gelombang kedua ditandai dengan adanya
teknologi industri, dan gelombang ketiga merupakan revolusi teknologi
elektronik dan informatika. Teknologi terakhir ini mendorong timbulnya
“telecommunity”. Toffler juga menyatakan bahwa keputusan pemerintah
Indonesia untuk mengembangkan sistem komunikasi setelit domestik
merupakan lambang dimulainya transformasi.
Teknologi komunikasi dan informasi sebagai Penetrasi TIK ke dalam
dunia pendidikan tak terlepas dari daya TIK itu sendiri sebagai alat yang
menjanjikan berbagai macam kemudahan dan keefisienan dalam
pengelolaan suatu institusi pendidikan. Kedua, kelebihan TIK ini
dipromosikan dengan sangat gencar oleh industri TIK dan kemudian
diadopsi dan diterjemahkan oleh pihak manajemen pendidikan ke dalam
bentuk kebijakan pemanfaatan TIK di institusi masing-masing. Kerangka
kerja strategi TIK atau kebijakan TIK pada saat ini merupakan dokumen
standar bagi suatu institusi pendidikan di berbagai. Negara maju sebagai
cerminan sikap dalam mengambil posisi terhadap peran TIK. Direktorat
Jendral Pendidikan Tinggi Indonesia juga mempunyai dokumen yang sama
dengan nama Strategi TIK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Ruang lingkup atau isi cakupan yang terdapat dalam dokumen kebijakan
pemanfaatan TIK tersebut bervariasi, karena disesuaikan dengan kondisi
Perguruan Tinggi dan perkembangan TIK di negara masing-masing. Hal ini
tampak dari komponen-komponen utama yang mereka tuangkan secara
eksplisit dalam dokumen Strategi TIK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
tersebut.(https://fitwiethayalisyi.wordpress.com/2011/11/28/teknologi-
informasi-komunikasi dalam-pendidikan-jarak-jauh/).