Page 124 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 124

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  111


               B.  TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DAN PERGURUAN TINGGI
                   JARAK JAUH (PTJJ)

                   Bagi  institusi  penyelenggara  PJJ  khususnya  Universitas  Terbuka  (UT),
               wacana  dan  praktik pemanfaatan  TIK  bukan  hal  baru  karena  pola
               pengelolaan  PJJ  yang  bersifat  bisnis  semacam  industri  seperti  yang
               diungkapkan  oleh  Keegan  (dalam  Asandhimitra,  2004).  Aktivitas  utama
               dalam  PJJ  seperti  pengelolaan  data  registrasi,  pengembangan  dan  bahan
               ajar, pemberian bantuan belajar atau tutorial, pengelolaan data pengujian,
               dan sebagainya tidak terlepas dari TIK dengan tingkat kedalaman peran dan
               kecanggihan  yang  beragam  diantara  institusi  PJJ.  Pemanfaatan  komputer
               dengan berbagai macam program atau aplikasi “genetik” (misal: administrsi
               umum,  persuratan,  keuangan,  dan  kepegawaian)  yang  biasa  digunakan  di
               dunia  bisnis  atau  komersial  juga  telah  digunakan  oleh  intitusi  PJJ,  bahkan
               sebelum  istilah  TIK  itu  sendiri  muncul  pada  dekade  sembilan  puluhan.
               Meskipun  saat  ini  sangat  banyak  aplikasi  yang  dikembangkan  dan
               dimanfaatkan oleh institusi PJJ, aplikasi-aplikasi tersebut tampaknya terbagi
               ke dalam dua kelompok besar, yaitu aplikasi untuk kepentingan adminstrasi
               atau  manjemen  dan  aplikasi  untuk  kepentingan  akademis  atau
               pembelajaran.

               C.  PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH

                   Menurut  Surya  (2006),  Jenis  media  lain  yang  dikategorikan  sebagai
               media personal adalah media berbasis komputer. Komputer hingga saat ini
               merupakan   satu-satunya   media   yang    memiliki   teknologi   yang
               berkemampuan  interaktif.  Dewasa  ini  komputer  tidak  lagi  merupakan
               konsumsi bagi mereka yang bergerak dalam dunia bisnis dan usaha, tetapi
               telah dimanfaatkan secara luas oleh dunia pendidikan.
                   Kebutuhan akan kehadiran media komputer dalam dunia pendidikan ini
               sangat  terasa,  terutama  oleh  institusi  yang  menerapkan  SPJJ.  Hal  ini
               disebabkan oleh karakteristik media komputer, antara lain:
               1.  Memungkinkan  terjadinya  interaksi  antara  peserta  didik  dan  materi
                   pembelajaran.
               2.  Memungkinkan  terjadi  proses  belajar  mandiri  sesuai  dengan
                   kemampuan belajar peserta didik.
               3.  Mampu menampilkan unsur audio visual.
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129