Page 117 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 117

104  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


               untuk belajar lebih dini.  Sistem TBO yang sudah dirancang dengan
               baik hendaknya diikuti dengan layanan distribusi secara lebih cepat.
            2)  UPBJJ menyediakan bantuan internet yang bisa diakses mahasiswa
               secara gratis. Dengan demikian, mahasiswa yang berada dipelosok
               dapat datang ke UPBJJ dan menggunakan fasilitas tersebut untuk
               meningkatkan  pemahaman  ilmunya  dan  bahan  melakukan  dskusi
               atau belajar kempok dengan mahasiswa yang lain.
            3)  Pengelolaan  sistem  belajar  di  Universitas  Terbuka  lebih
               ditingkatkan. UT diharapkan dapat meningkatkan layanan bantuan
               belajar  untuk  mahasiswanya,  bukan  hanya  berbasis  internet  dan
               komputer  namun  bantuan  belajar  yang  bisa  mengakomodasi
               mahasiswa yang berada di daerah pelosok.

        KESIMPULAN
            Berdasarkan pada hasil pembahasan, maka dalam penelitian ini dapat
        ditarik kesimpulan sebagai berikut: a) dari analisis visual spasial, masih ada
        potensi  pasar  untuk  incoming  student  di  wilayah  Indonesia  Timur  dan
        Tengah,  b)  Sosprom  belum  menjangkau  ke  pelosokakibat  demografi  dan
        peran  pokjar  belum  dimaksimalkan,  c)  Informasi  beasiswa  kurang
        terekspose  secara  luas.  Adapun    saran  yang  dapat  diberikan  berdasarkan
        data dan hasil pengolahan data: a) hasil analisis visual spasial bisa dijadikan
        bahan  pertimbangan  untuk  menarik  calon  mahasiswa;  b)  peningkatan
        kegiatan  sosprom  dengan  melibatkan  peran  pokjar,  c)  informasi  tentang
        beasiswa diperluas jangkauannya.
   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122