Page 117 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 117
104 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
untuk belajar lebih dini. Sistem TBO yang sudah dirancang dengan
baik hendaknya diikuti dengan layanan distribusi secara lebih cepat.
2) UPBJJ menyediakan bantuan internet yang bisa diakses mahasiswa
secara gratis. Dengan demikian, mahasiswa yang berada dipelosok
dapat datang ke UPBJJ dan menggunakan fasilitas tersebut untuk
meningkatkan pemahaman ilmunya dan bahan melakukan dskusi
atau belajar kempok dengan mahasiswa yang lain.
3) Pengelolaan sistem belajar di Universitas Terbuka lebih
ditingkatkan. UT diharapkan dapat meningkatkan layanan bantuan
belajar untuk mahasiswanya, bukan hanya berbasis internet dan
komputer namun bantuan belajar yang bisa mengakomodasi
mahasiswa yang berada di daerah pelosok.
KESIMPULAN
Berdasarkan pada hasil pembahasan, maka dalam penelitian ini dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut: a) dari analisis visual spasial, masih ada
potensi pasar untuk incoming student di wilayah Indonesia Timur dan
Tengah, b) Sosprom belum menjangkau ke pelosokakibat demografi dan
peran pokjar belum dimaksimalkan, c) Informasi beasiswa kurang
terekspose secara luas. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan
data dan hasil pengolahan data: a) hasil analisis visual spasial bisa dijadikan
bahan pertimbangan untuk menarik calon mahasiswa; b) peningkatan
kegiatan sosprom dengan melibatkan peran pokjar, c) informasi tentang
beasiswa diperluas jangkauannya.