Page 116 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 116
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 103
Akses internet sejauh ini masih merupakan kendala yang ditemui
mahasiswa UT di daerah. Bahkan di daerah terpencil sangat sulit
mendapatkan akses internet. Dengan demikian beberapa layanan
bantuan belajar dan pembelian buku melalui Toko Buku Online (TBO)
masih relatif sulit dilakukan. Kedepannya, diharapkan Universitas
Terbuka meningkatkan pemberian variasi layanan bantuan belajar,
sehingga mahasiswa dapat memilih bantuan belajar yang sesuai untuk
meningkatkan prestasinya.
b. Biaya-biaya
Hasil jawaban responden mengenai biaya pendidikan di Universitas
Terbuka, maka responden menyatakan bahwa biaya kuliah di UT sangat
terjangkau. Biaya pendidikan di UT masih relatif lebih rendah apabila
dibandingkan biaya pendidikan Universitas setempat. Mengenai sistem
pembayaran yang online yang sudah dilakukan oleh UT, semua
responden sepakat bahwa sebenarnya sistem itu memudahkan, namun
akses internet yang terbatas di daerah masih menjadikan kendala.
c. Lokasi
Lokasi UPBJJ yang ada di hampir setiap propinsi memudahkan mereka
untuk melakukan koordinasi. Jarak UPBJJ dipandang masih dekat dari
tempat mereka. Transportasi ke UPBJJ masih bisa dijangkau secara
mudah. Dengan demikian apabila mereka memiliki permasalahan,
mereka akan datang ke UPBJJ setempat untuk mendapatkan solusi.
Layanan konsultasi via telepon juga disediakan UPBJJ untuk membantu
memecahkan masalah yang dihadapi mahasiswa terutama mengenai
nilai ujian.
d. Sosialisasi dan Promosi
Kegiatan sosialisasi dan promosi yang sudah dilakukan oleh UPBJJ
diharapkan mampu menjangkau sampai ke daerah dimana responden
tinggal. Selama ini sosprom dilakukan oleh UPBJJ baik secara langsung
maupun dengan media. Keberadaan sosprom sangat membantu
responden untuk mengetahui lebih dalam mengenai UT.
e. Harapan mahasiswa
Beberapa harapan yang diungkapkan mahasiswa terhadap Universitas
Terbuka antara lain:
1) UT meningkatkan layanan bahan ajar terutama bahan ajar cetak
tepat waktu. Beberapa mahasiswa sudah memesan BMP, namun
pengirimannya selalu terlambat sehingga menyulitkan mahasiswa