Page 115 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 115

102  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


            UT,  namun  kebanyakan  mahasiswa  dari  Indonesia  Tengah  dan  Barat
            tidak  mengetahui  bahwa  Universitas  Terbuka  merupakan  Perguruan
            tinggi negeri. Kondisi ini berbeda dengan pooling mahasiswa Indonesia
            bagian timur yang menyatakan bahwa mereka mengetahui dengan jelas
            bahwa  UT  merupakan  perguruan  tinggi  negeri.  Mayoritas  mahasiswa
            menyatakan bahwa sistem registrasi online yang digunakan UT saat ini
            menyulitkan. Kondisi ini bisa dimaklumi karena kebanyakan mahasiswa
            berasal dari daerah pelosok yang koneksi internetnya kurang bagus.
            Mengenai  bantuan  belajar,  responden  menyatakan  bahwa  mereka
            mengetahui  jika  kegiatan  kuliah  di  UT  didukung  oleh  bantuan  belajar
            yang memadai. Bantuan belajar tersebut berbentuk bahan ajar berbasis
            komputer  seperti  Computer  Assistance  Instruction  (CAI),  materi
            berbentuk  CD  yang  melekat  di  bahan  ajar,  web  suplemen,  tutorial
            online dan sebagainya. Berbagai bantuan belajar tersebut memudahkan
            mahasisiwa  untuk  belajar  mandiri.  Seluruh  responden  sepakat  jika
            bantuan belajar yang diberikan UT memiliki kualitas yang baik karena
            melalui proses penelaahan yang dilakukan oleh pakar yang berkualitas.
            Namun  demikian,  mengenai  pemanfatan  bahan  ajar  non  cetak  yang
            disediakan  UT  maka  jawabannya  sangat  beragam.  Responde  dari
            wilayah  tengah  menyatakan  bahwa  tidak  menggunakan  fasilitas
            bantuan  belajar  non  cetak  yang  disediakan,  mahasiswa  Indonesia
            bagian   tengah   menyatakan   bahwa   mereka   kadang-kadang
            menggunakan  bantuan  belajar  yang  disediakan.  Sementara  itu,
            mahasiswa  dari  Indonesia  bagian  Timur  menyatakan  bahwa  mereka
            kebanyakan  menggunakan  layanan  bantuan  belajar  yang  sudah
            disediakan tersebut untuk mendukung pemahaman mereka mengenai
            materi yang sudah disediakan.
            Mayoritas  mereka  memesan  modul  untuk  setiap  mata  kuliah  yang
            diambil. Mereka menganggap modul tersebut sangat membantu proses
            belajar setiap mata kuliah. Harga modul-modul tersebut masih masuk
            kategori  yang  wajar  dan  masih  terjangkau.  Informasi  tentang  sistem
            ujian yang digunakan UT, maka mayoritas responden menjawab bahwa
            mereka  masih  menginginkan  sistem  ujian  reguler,  artinya  mahasiswa
            datang  langsung  ke  suatu  tempat  untuk  melaksanakan  ujian.  Metode
            Sistem Ujian Online(SUO) masih belum banyak diminati, karena sistem
            ujian ini memerlukan pendukung komputer dengan akses internet yang
            baik.
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120