Page 77 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 77
Sosok Utuh Kompetensi Guru 59
serta melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat
sesuai dengan profesi guru. Seorang guru disebut sebagai
guru profesional karena kemampuannya dalam mewujudkan
kinerja profesi guru secara utuh yang dilaksanakan dengan
sebaik-baiknya dalam mencapai tujuan pendidikan. Guru
profesional akan tercermin dalam penampilan pelaksanaan
pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian, baik
dalam materi, maupun metode.
Sementara itu, menurut Sagala (2009), kata profesi
berasal dari bahasa Yunani ”Pbropbaino” yang berarti
menunjukkan sesuatu didepan publik untuk menduduki suatu
jabatan tertentu, dan kandidat bersangkutan harus memenuhi
persyaratan yang diperlukan untuk menduduki jabatan publik.
Sanusi, dkk, menguraikan ciri utama suatu profesi :
1. Jabatan tersebut memilik fungsi, signifikansi yang
menentukan serta menuntut keterampilan dan keahlian
tertentu.
2. Keterampilan dan keahlian tersebut didapat dengan
menggunakan teori dan metode ilmiah berdasar disiplin
ilmu tertentu.
3. Jabatan itu memerlukan pendidikan di perguruan tinggi
dengan waktu yang cukup lama, terutama dalam aplikasi
dan sosialisasi nilai-nilai profesional itu sendiri,
4. Dalam memberikan layanan kepada khalayak ramai,
anggota profesi selalu berpegang teguh pada kode etik
yang diawasi dan dikontrol oleh organisasi profesi terkait.
5. Kendatipun begitu, anggota profesi dapat dengan leluasa
dan dan bebas memberikan keputusan sesuai dengan
profesinya, sehingga mereka bebas dari campur tangan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN