Page 76 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 76

58        Sosok Utuh Kompetensi Guru

            4.  Memajukan profesi guru.
            5.  Meningkatkan mutu pembelajaran.
            6.  Meningkatkan mutu pendidikan nasional.

            7.  Mengurangi  kesenjangan  ketersedian  guru  antar  daerah
               dari segi jumlah, mutu, kualifikasi akademik, dan kom-
               petensi.

            8.  Mengurangi kesenjangan mutu pendidikan antar daerah
            9.  Meningkatkan pelayanan yang bermutu.

                 Yang menjadi pertanyaan kita bersama, apakah  semua
           guru  mampu  memainkan  peran  dan  mengembangkan  diri
           secara  profesional,  mengingat    kualitas    guru  yang    terdiri
           dari  beraneka  ragam.  Profesional  juga  dimaknai  sebagai

           mutu,  kualitas  dan  tindak  tanduk  yang  merupakan  ciri  satu
           profesi  atau  orang  yang  profesional.  Undang-Undang    ini
           juga  mendefinisikan  profesional  adalah  pekerjaan  atau
           kegiatan  yang  dilakukan  oleh  seseorang    dan    menjadi
           sumber  penghasilan  kehidupan  yang  memerlukan  keahlian,
           kemahiran,  atau  kecakapan  yang  memenuhi  standar  mutu
           atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.


                 Sejalan  dengan  pendapat  tersebut,  Suriadi  (2008)
           mengatakan, “guru profesional” berasal dari kata “guru” dan
           “profesional” dan guru adalah padanan kata pendidik. Dengan
           demikian,  yang  dimaksud  dengan  guru  profesional,  adalah
           orang yang menyandang profesi guru yang memiliki kinerja
           atau performance dalam melaksanakan tugas, merencanakan
           dan  melaksanakan  kegiatan  instruksional,  menilai  hasil
           pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan,


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81