Page 146 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 146

126

               indikator sebagai berikut :
                a.  Memahami visi dan misi.
                b.  Memahami hubungan pendidikan dan pengajaran.

                c.  Memahami konsep pendidikan dasar dan menengah.
                d.  Memahami fungsi sekolah.
                e.  Mengidentifikasi permasalahan umum pendidikan

                   dalam hal proses dan hasil pendidikan.
                f.  Membangun sistem yang menunjukkan keterkaitan
                   pendidikan dan luar sekolah.


            3.  Kompetensi Penguasaan Bahan Kajian Akademik, yang
               terdiri dari indikator sebagai berikut :
                a.  Memahami struktur pengetahuan.

                b.  Menguasai subtansi materi.
                c.  Menguasai subtansi kekuasaan sesuai dengan jenis
                   pelayanan yang dibutuhkan peserta didik.


                 Ada empat alasan kuat yang mendorong pendidikan guru
           untuk mengembangkan profesionalisme, yaitu:
            1.  Hakikat pendidik guru sebagai sebuah profesi.

            2.  Perkembangan IPTEK yang pesat.
            3.  Filosofi belajar sepanjang hayat.
            4.  Undang-undang Nomor 14/2005 tentang Dosen dan Guru.

                 Disisi  lain,  adanya  perkembangan  teknologi  informasi

           yang  begitu  pesat  dan  perubahan  dalam  berbagai  aspek
           kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan perkembangan ilmu
           pengetahuan dan teknologi (IPTEK), menyebabkan masalah

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151