Page 146 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 146
126
indikator sebagai berikut :
a. Memahami visi dan misi.
b. Memahami hubungan pendidikan dan pengajaran.
c. Memahami konsep pendidikan dasar dan menengah.
d. Memahami fungsi sekolah.
e. Mengidentifikasi permasalahan umum pendidikan
dalam hal proses dan hasil pendidikan.
f. Membangun sistem yang menunjukkan keterkaitan
pendidikan dan luar sekolah.
3. Kompetensi Penguasaan Bahan Kajian Akademik, yang
terdiri dari indikator sebagai berikut :
a. Memahami struktur pengetahuan.
b. Menguasai subtansi materi.
c. Menguasai subtansi kekuasaan sesuai dengan jenis
pelayanan yang dibutuhkan peserta didik.
Ada empat alasan kuat yang mendorong pendidikan guru
untuk mengembangkan profesionalisme, yaitu:
1. Hakikat pendidik guru sebagai sebuah profesi.
2. Perkembangan IPTEK yang pesat.
3. Filosofi belajar sepanjang hayat.
4. Undang-undang Nomor 14/2005 tentang Dosen dan Guru.
Disisi lain, adanya perkembangan teknologi informasi
yang begitu pesat dan perubahan dalam berbagai aspek
kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK), menyebabkan masalah
PROFIL GURU MASA DEPAN