Page 143 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 143

123


               kondisi seperti ini masih belum menunjukkan peningkatan
               yang  signifikan.  Catatan  Human  Development  Index  (HDI)
               pun menunjukkan bahwa mutu guru di Indonesia masih jauh

               dari  memadai  untuk  melakukan  perubahan  yang  sifatnya
               mendasar.  Upaya  meningkatkan  kualitas  pendidikan  terus
               menerus dilakukan baik secara konvensional maupun inovatif.
               Hal  tersebut  lebih  terfokus  lagi  setelah  diamanatkan  bahwa

               tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan mutu
               pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan.  Tetapi
               berbagai  indikator  mutu  pendidikan  belum  menunjukkan
               peningkatan  yang  berarti.  Sebahagian  sekolah,  terutama

               sekolah-sekolah  di  kota  menunjukkan  peningkatan  mutu
               pendidikan  yang  cukup  mengembirakan,  namun  sebagian
               besar lainnya masih memprihatinkan. (Depdiknas,  2001).


                     Dari berbagai pihak yang terkait, dengan berbagai cara
               yang  selalu  berusaha  mendorong  peningkatan  kompetensi
               guru, agar guru lebih berkualitas. Ada banyak kegiatan yang
               dapat  dilakukan  oleh  guru  seperti:  meneruskan  studi  lebih

               lanjut, mengikuti latihan yang relevan, melakukan penelitian,
               secara  berkala  mengikuti  kegiatan  akademik  dan  seminar-
               seminar (lokakarya, workshop, dan sebagainya), berlatih untuk
               menulis  karya  ilmiah  dan  mengadakan  refleksi  diri  secara

               teratur dan disiplin. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk
               pengembangan kompentensi guru. Sebagaimana terlihat dalam
               gambar berikut ini.






                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148