Page 143 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 143
123
kondisi seperti ini masih belum menunjukkan peningkatan
yang signifikan. Catatan Human Development Index (HDI)
pun menunjukkan bahwa mutu guru di Indonesia masih jauh
dari memadai untuk melakukan perubahan yang sifatnya
mendasar. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terus
menerus dilakukan baik secara konvensional maupun inovatif.
Hal tersebut lebih terfokus lagi setelah diamanatkan bahwa
tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan mutu
pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan. Tetapi
berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan
peningkatan yang berarti. Sebahagian sekolah, terutama
sekolah-sekolah di kota menunjukkan peningkatan mutu
pendidikan yang cukup mengembirakan, namun sebagian
besar lainnya masih memprihatinkan. (Depdiknas, 2001).
Dari berbagai pihak yang terkait, dengan berbagai cara
yang selalu berusaha mendorong peningkatan kompetensi
guru, agar guru lebih berkualitas. Ada banyak kegiatan yang
dapat dilakukan oleh guru seperti: meneruskan studi lebih
lanjut, mengikuti latihan yang relevan, melakukan penelitian,
secara berkala mengikuti kegiatan akademik dan seminar-
seminar (lokakarya, workshop, dan sebagainya), berlatih untuk
menulis karya ilmiah dan mengadakan refleksi diri secara
teratur dan disiplin. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk
pengembangan kompentensi guru. Sebagaimana terlihat dalam
gambar berikut ini.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN