Page 141 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 141

121


               2013), sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk
               selalu  mengembangkan  diri  sejalan  dengan  kemajuan  ilmu
               pengetahuan, teknologidan seni. Karena guruadalah salah satu

               tumpuan bagi negara dalam meningkatkan mutu pendidikan.
               Dengan adanya guru yang profesional dan berkualitas, maka
               akan mampu menghasilkan anak bangsa yang berkualitas juga.
               Sayangnya  masih  banyak  guru  yang  belum  melaksanakan

               pengembangan diri  sebagaimana  mestinya.  Oleh  karena itu,
               guru  dituntut  agar  selalu  memperluas  wawasannya  dan
               mengembangkan ilmu pengetahuannya. Ia harus lebih banyak
               belajar  untuk  meningkatkan  kompetensi  dirinya,  sehingga

               guru  mampu  memberikan  yang  terbaik  untuk  peserta  didik
               sebagai lulusan yang mempunyai kualifikasi kemampuan yang
               mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan sesuai dengan
               standar yang dipersyaratkan.

                     Menurut  Kusniawan  (2016),  pengembangan  dan

               peningkatan  kompetensi  bagi  guru  yang  sudah  memiliki
               sertifikat  pendidikan  dilakukan  dalam  rangka  menjaga agar
               kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan

               ilmu  pengetahuan,  teknologi,  seni    dan    budaya  dan/  atau
               olahraga.  Pembinaan  dan  pengembangan  keprofesian  guru
               meliputi pembinaan kompetensi pedagogik, kpribadian, sosial
               dan  profesional.  Inisiatif  meningkatkan  kompetensi  dan
               profesionalitas  ini  harus  sejalan  dengan  upaya  untuk

               memberikan  penghargaan,  peningkatan  kesejahteraan  dan
               perlindungan  terhadap  guru.  Kebutuhan  guru  terhadap
               program  pembinaan  dan  pengembangan  profesi  beragam

               sifatnya. Kebutuhan dimaksud dikelompokkan kedalam lima
                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146