Page 141 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 141
121
2013), sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk
selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu
pengetahuan, teknologidan seni. Karena guruadalah salah satu
tumpuan bagi negara dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Dengan adanya guru yang profesional dan berkualitas, maka
akan mampu menghasilkan anak bangsa yang berkualitas juga.
Sayangnya masih banyak guru yang belum melaksanakan
pengembangan diri sebagaimana mestinya. Oleh karena itu,
guru dituntut agar selalu memperluas wawasannya dan
mengembangkan ilmu pengetahuannya. Ia harus lebih banyak
belajar untuk meningkatkan kompetensi dirinya, sehingga
guru mampu memberikan yang terbaik untuk peserta didik
sebagai lulusan yang mempunyai kualifikasi kemampuan yang
mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan sesuai dengan
standar yang dipersyaratkan.
Menurut Kusniawan (2016), pengembangan dan
peningkatan kompetensi bagi guru yang sudah memiliki
sertifikat pendidikan dilakukan dalam rangka menjaga agar
kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/ atau
olahraga. Pembinaan dan pengembangan keprofesian guru
meliputi pembinaan kompetensi pedagogik, kpribadian, sosial
dan profesional. Inisiatif meningkatkan kompetensi dan
profesionalitas ini harus sejalan dengan upaya untuk
memberikan penghargaan, peningkatan kesejahteraan dan
perlindungan terhadap guru. Kebutuhan guru terhadap
program pembinaan dan pengembangan profesi beragam
sifatnya. Kebutuhan dimaksud dikelompokkan kedalam lima
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN