Page 137 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 137

117


                        inti yang menjabarkan tentang :
                        1).  Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola
                            pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran

                            yang diampu.
                        2).  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
                            dasar  mata  pelajaran/bidang  pengembangan
                            yang diampu.

                        3).  Mengembangkan  materi  pembelajaran  yang
                            diampu secara kreatif.
                        4).  Mengembangkan       keprofesionalan     secara
                            berkelanjutan  dengan  melakukan  tindakan

                            reflektif.
                        5).  Memanfaatkan     teknologi   informasi    dan
                            komunikasi     untuk     berkomunikasi     dan
                            mengembangkan diri. (Dikti,BSNP, 2007).

                             Guru yang memiliki kompetensi profesional

                        artinya guru menguasai standar kompetensi dasar
                        mata  pelajaran  yang  diampu,  dapat  menguasai
                        materi, struktur, konsep, dan  pola pikir keilmuan

                        yang  mendukung  mata  pelajaran  yang  diampu,
                        yang  dapat  dikembangkan  secara  kreatif.  Guru
                        yang  memiliki  Kompetensi  Profesional  artinya
                        guru dapat mengembangkan keprofesionalan secara
                        berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.


                             Kompetensi  profesional  utama  yang  harus
                        dimiliki  oleh  seorang  guru  adalah  penguasaan
                        materi bidang studi  sesuai dengan latar belakang


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142