Page 134 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 134
114
Menurut Satori (2011), guru ada dan hidup di
masyarakat, guru sebagai anggota masyarakat yang
memiliki kemampuan, keterampilan yang cukup luas,
yang mau ikut secara aktif dalam proses
pembangunan. Guru diharapkan jadi pelopor di dalam
pelaksanaan pembangunan. Di sisi lain, guru harus
bersikap simpatik. Artinya, keterampilan
berhubungan dengan orang tua peserta didik
dilakukan dengan luwes dan mampu menghadapi
peserta didik secara individual dan ramah, dan selalu
siap membantu peserta didik. Jika peserta didik ada
yang menemukan masalah yang rumit di dalam
perjalanan hidupnya, maka guru wajib membantu
dengan penuh perhatian dan tanggung jawab, disertai
dengan prilaku yang simpatik. Dapat bekerja sama
dengan Dewan Pendidikan/Komite Sekolah. Artinya,
hubungan antara manusia itu perlu dijaga, kerja sama
yang baik, akan dapat meningkatkan kemajuan
bersama antara pihak sekolah dan masyarakat.
Guru perlu memahami kaidah-kaidah
psikologis yang melandasi prilaku manusia, terutama
yang berhubungan dengan hubungan antar manusia.
Guru harus dapat tampil baik dilingkungan
masyarakat sekitarnya, kehadiran guru tersebut harus
dapat diterima di tengah-tengah masyarakat. Guru
juga harus pandai bergaul dengan kawan sekerja dan
mitra pendidikan. Artinya, guru dapat diajak
berdiskusi dan memberikan saran kepada orang
PROFIL GURU MASA DEPAN