Page 130 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 130

110

                    kepribadian toleran, saling menghormati, jujur, adil,
                    disiplin,  empati,  peduli,  menghargai  perbedaan,
                    menyesuaikan diri secara fleksibel, dan sikap-sikap

                    luhurlainnya.  Gurudipersyaratkanmemilikikompetensi
                    kepribadian  profesional,  karena  perannya  sebagai
                    guru yang harus membimbing, menjadi penyuluh dan

                    penolong peserta didik yang berbeda satu sama lain,
                    sehingga menghadapi banyak masalah psikologis, yang
                    harus  diselesaikan.  Dalam  melaksanakan  kegiatan
                    instruksional hendaknya guru melakukannya dengan
                    penuh tanggung jawab, sehingga secara totalitas dapat

                    memberi perhatian kepada peserta didik. Memecahkan
                    masalah  peserta  didik  dilakukan  dengan  cara  yang
                    objektif dan dapat, menjaga kewibawaan.

                         Oleh karena itulah, guru dipersyaratkan untuk

                    memiliki  kompetensi  kepribadian       profesional.
                    Melaksanakan  kegiatan  instruksional  dilakukan
                    berdasarkan cinta kasih, dari perasaan cinta dan kasih

                    sayang,  akan  lahir  rasa  keikhlasan.  Dengan  selalu
                    memperhatikan peserta didik, akan timbul kesediaan
                    dan  kerelaan  guru  untuk  selalu  membantu  dan
                    membimbing peserta didik, melibatkan peserta didik

                    secara maksimal, sesuai dengan prinsip belajar yang
                    berpusat  kepada  peserta  didik  (student-centered
                    learning).  Orientasi  belajar  yang  berpusat  kepada
                    peserta didik diwujudkan dalam pendekatan belajar

                    aktif (active learning approach). Motivasi dan


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135