Page 130 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 130
110
kepribadian toleran, saling menghormati, jujur, adil,
disiplin, empati, peduli, menghargai perbedaan,
menyesuaikan diri secara fleksibel, dan sikap-sikap
luhurlainnya. Gurudipersyaratkanmemilikikompetensi
kepribadian profesional, karena perannya sebagai
guru yang harus membimbing, menjadi penyuluh dan
penolong peserta didik yang berbeda satu sama lain,
sehingga menghadapi banyak masalah psikologis, yang
harus diselesaikan. Dalam melaksanakan kegiatan
instruksional hendaknya guru melakukannya dengan
penuh tanggung jawab, sehingga secara totalitas dapat
memberi perhatian kepada peserta didik. Memecahkan
masalah peserta didik dilakukan dengan cara yang
objektif dan dapat, menjaga kewibawaan.
Oleh karena itulah, guru dipersyaratkan untuk
memiliki kompetensi kepribadian profesional.
Melaksanakan kegiatan instruksional dilakukan
berdasarkan cinta kasih, dari perasaan cinta dan kasih
sayang, akan lahir rasa keikhlasan. Dengan selalu
memperhatikan peserta didik, akan timbul kesediaan
dan kerelaan guru untuk selalu membantu dan
membimbing peserta didik, melibatkan peserta didik
secara maksimal, sesuai dengan prinsip belajar yang
berpusat kepada peserta didik (student-centered
learning). Orientasi belajar yang berpusat kepada
peserta didik diwujudkan dalam pendekatan belajar
aktif (active learning approach). Motivasi dan
PROFIL GURU MASA DEPAN