Page 135 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 135
115
tua peserta didik, peserta didik, mitra kerja dan
masyarakat tentang masalah yang dihadapi di bidang
akademis ataupun sosial.
Masyarakat dan sekolah memiliki hubungan
yang harmonis, saling tolong menolong, dan saling
berbagi pengalaman. Jika kerja sama ini, berjalan
dengan baik, akhirnya terciptalah lingkungan yang
kondusif, nyaman dan tenteram, saling percaya
sesamanya, dan saling membangun untuk
kepentingan bersama. Semua ini dapat terjadi, karena
adanya motivasi yang tinggi dan partisipasi guru
untuk memperhatikan dan membangun hubungan
kerja sama yang harmonis dengan masyarakat
sekitarnya. Disamping itu, guru juga memahami dunia
sekitarnya (lingkungannya). Artinya, pendidikan
merupakan tanggung jawab bersama antara
pemerintah/sekolah,orang tua peserta didik, dan
masyarakat. Guru wajib mengenal dan menghayati
dunia sekitar sekolah, apakah dunia industri, dunia
pertanian, dan dunia perikanan, dunia perkebunan.
Dunia lingkungan sekolah tersebut memiliki adat
istiadat, kepercayaan dan tata cara, sikap dan prilaku
masyarakat yang berbeda antara satu sama lainnya.
Oleh karena itulah guru harus memiliki kompetensi
sosial profesional.
Gambar berikut ini, memperlihatkan guru yang
memiliki sikap sosial profesional. Ia dapat
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN