Page 131 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 131

111


                        kesiapan belajar setiap peserta didik satu sama lainnya
                        berbeda dalam mengikuti kegiatan instruksional, atau
                        interaksi  dengan  pembelajaran.  Selanjutnya,  usaha

                        pembelajaran di kelas harus memberi perhatian dan
                        tekanan pada perbedaan motivasi dan kesiapan belajar
                        peserta  didik.  Beberapa  peserta  didik  mengikuti

                        kegiatan  instruksional  dengan  penuh  semangat,
                        sementara  sebahagian  lagi  peserta  didik  mengikuti
                        secara pasif dan diam saja.


                             Di sisi lain, guru harus memperhatikan tujuan
                        dari pendidikan nasional yang berfungsi membentuk
                        watak  serta  peradaban  bangsa  yang  bermartabat
                        dalam  rangka  mencerdaskan  kehidupan  bangsa.

                        Selain itu, tujuan  pendidikan  nasional  adalah  untuk
                        berkembangnya  potensi  peserta  didik        untuk
                        berkembangnya  potensi  peserta  didik  agar  dapat
                        menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada

                        Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,
                        berilmu, cerdas, kreatif, mandiri, dan menjadi Warga
                        Negara yang baik.


                             Gambar berikut ini memperlihatkan  guru  yang
                        memiliki kepribadian yang profesional, guru memberi
                        perhatian  kepada  peserta  didik,  dan  dengan  penuh

                        semangat melakukan diskusi dengan peserta didik.





                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136