Page 131 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 131
111
kesiapan belajar setiap peserta didik satu sama lainnya
berbeda dalam mengikuti kegiatan instruksional, atau
interaksi dengan pembelajaran. Selanjutnya, usaha
pembelajaran di kelas harus memberi perhatian dan
tekanan pada perbedaan motivasi dan kesiapan belajar
peserta didik. Beberapa peserta didik mengikuti
kegiatan instruksional dengan penuh semangat,
sementara sebahagian lagi peserta didik mengikuti
secara pasif dan diam saja.
Di sisi lain, guru harus memperhatikan tujuan
dari pendidikan nasional yang berfungsi membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat
dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Selain itu, tujuan pendidikan nasional adalah untuk
berkembangnya potensi peserta didik untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar dapat
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cerdas, kreatif, mandiri, dan menjadi Warga
Negara yang baik.
Gambar berikut ini memperlihatkan guru yang
memiliki kepribadian yang profesional, guru memberi
perhatian kepada peserta didik, dan dengan penuh
semangat melakukan diskusi dengan peserta didik.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN