Page 128 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 128
108
stabil, dewasa, arif, dan berwibawa,
4) Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya
diri, dan
5) Menjunjung tinggi kode etik profesi guru. (Dikti,
BSNP, 2007)
Uraian materi yang disajikan di atas dapat
diartikan bahwa, kepribadian menunjukkan sifat-sifat
khas dan unik yang menjadikan seseorang masing-
masing berbeda satu sama lainnya. Terkait dengan cara
berprilaku dan berpikir yang menjadi ciri khas setiap
individu, yang selalu dikaitkan dengan latar belakang
kehidupan, budi pekerti, akhlak, dan moral. Menurut
Satori (2011), kompetensi kepribadian guru mencakup
sikap (attitude), nilai-nilai (value), kepribadian
(personality), sebagai elemen prilaku (behavior) dalam
kaitannya dengan performance yang ideal sesuai
dengan bidang pekerjaan yang dilandasi oleh latar
belakang pendidikan, peningkatan kemampuan dan
pelatihan, serta legalitas kewenangan mengajar.
Kepribadian berkembang seumur hidup dan
memiliki warna dan berbagai macam pola bentuknya.
Perkembangan kepribadian sangat dipengaruhi oleh
faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal,
adalah faktor yang terjadi di dalam diri guru sendiri
dipengaruhi oleh faktor kepribadian, sosial, ekonomi,
wawasan pendidik, tujuan hidup dan lingkungan
PROFIL GURU MASA DEPAN