Page 142 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 142
122
kategori, yaitu:
1. Pemahaman tentang konteks pembelajaran,
2. Penguatan penguasaan materi,
3. Pengembangan metode mengajar,
4. Inovasi pembelajaran, dan
5. Pengalaman tentang teori-teori terkini.
Disisi lain, menurut Darojat (2016), situasi dan
tantangan penyelenggaraan pendidikan dipersekolahan di
beberapa wilayah semakin diperburuk oleh faktor-faktor lain
seperti kesediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai,
anggaran pendidikan didaerah yang sangat terbatas,
ketersedian tenaga guru yang tidak merata, serta masalah
klasik yang terkait dengan kompetensi guru. Khusus
menyoroti aspek kompetensi guru dan prinsip pembelajaran
yang terjadi di ruang –ruang kelas, kita harus mengatakan
dengan jujur bahwa kegiatan instruksional yang kita lakukan
mungkin masih jauh dari harapan anak dan masyarakat luas.
Kegiatan instruksional yang kita sajikan kurang menarik,
membosankan, dan kurang menumbuhkan motivasi anak untuk
bersama-sama dengan kita membangun pengetahuan.
Guru berperan seolah–olah menjadi satu-satunya nara
sumber, sehingga kegiatan instruksional kurang interaktif,
kurang produktif, membosankan, tidak inspiratif dan kurang
bermakna. Permasalahan dan kondisi penyelenggaraan
pendidikan yang dihadapi pada saat sekarang ini, masih dirasa
kurang, untuk peningkatan kualitas pendidikan. Jelaslah
PROFIL GURU MASA DEPAN