Page 142 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 142

122

           kategori, yaitu:

            1.  Pemahaman tentang konteks pembelajaran,
            2.  Penguatan penguasaan materi,
            3.  Pengembangan metode mengajar,
            4.  Inovasi pembelajaran, dan

            5.  Pengalaman tentang teori-teori terkini.


                 Disisi  lain,  menurut  Darojat  (2016),  situasi  dan
           tantangan  penyelenggaraan  pendidikan  dipersekolahan  di

           beberapa wilayah semakin diperburuk  oleh  faktor-faktor  lain
           seperti kesediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai,
           anggaran  pendidikan  didaerah  yang  sangat    terbatas,
           ketersedian  tenaga  guru  yang  tidak  merata,  serta  masalah

           klasik  yang  terkait  dengan  kompetensi  guru.  Khusus
           menyoroti aspek kompetensi guru dan prinsip pembelajaran
           yang  terjadi  di  ruang  –ruang  kelas,  kita  harus  mengatakan
           dengan jujur bahwa kegiatan instruksional yang kita lakukan
           mungkin masih jauh dari harapan anak dan masyarakat luas.

           Kegiatan  instruksional  yang  kita  sajikan  kurang  menarik,
           membosankan, dan kurang menumbuhkan motivasi anak untuk
           bersama-sama dengan kita membangun pengetahuan.


                 Guru  berperan  seolah–olah  menjadi  satu-satunya  nara
           sumber,  sehingga  kegiatan  instruksional  kurang  interaktif,
           kurang produktif, membosankan, tidak inspiratif dan kurang
           bermakna.  Permasalahan  dan  kondisi  penyelenggaraan

           pendidikan yang dihadapi pada saat sekarang ini, masih dirasa
           kurang, untuk peningkatan kualitas pendidikan. Jelaslah

           PROFIL GURU MASA DEPAN
   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147