Page 149 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 149

129


                     Menurut Harian Republika Kamis, 27 Nopember
               2014,  menyatakan  pengembangan  pengetahuan  guru  yang
               diimbangi  dengan  peningkatan  kesejahteraannya  belum
               sepenuhnya terwujud. Keinginan untuk mencerdaskan bangsa
               seutuhnya masih membutuhkan proses yang panjang. Melihat
               kondisi  tersebut  berbagai  perusahan  swasta  mulai  tergerak

               untuk membantu meningkatkan kualitas para guru. Berbagai
               kegiatan dalam meningkatkan pengetahuan guru dibidang lain
               kerap  menjadi  pilihan  perusahan  ketika  mereka  melakukan
               program sosial.

                     Banyak  perusahaan  termasuk  perusahaan  BUMN
               membantu guru mendapatkan ilmu baru yang akan menunjang

               mereka  dalam  melakukan  kegiatan  instruksional  mengajar.
               Sampai  saat  ini  PGRI  sendiri  telah  melakukan  kerjasama
               dengan  beberapa  perusahaan,  seperti  Telkomsel,  Intel,
               Yamaha, Garuda dan beberapa perusahaan lain dalam melatih
               ratusan guru yang berada di bawah naungan PGRI.

                     Disisi  lain  Ketua  Persatuan  Guru  Republik  Indonesia
               (2015)  menilai  pembekalan  yang  dilakukan  pihak  non-
               pemerintahan  sejauh  ini  dianggap  masih  belum  memadai.

               Guru sebagai pihak utama dalam menyiapkan generasi masa
               depan seharusnya mendapat layanan lebih banyak dan merata
               di berbagai daerah. Peningkatan kualitas para guru memang
               tidak akan terasa dampaknya secara langsung. Namun secara
               bertahap dari ilmu dan karakter yang ditanamkan setiap guru
               kepada  peserta  didiknya  akan  menjadi  pondasi  awal  dalam

               menjalankan roda kehidupan mereka.


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154