Page 145 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 145

a)  meningkatkan  kualitas  pelayanan  kepada  mahasiswa  dengan
               memanfaatkan teknologi informasi, b) membangun suasana akademik yang
               komprehensif, c) menyelenggarakan abdimas yang berdampak positif bagi
               masyarakat,  d)  mempublikasikan  tulisan  pada  jurnal  ilmuiah  serta
               membangun jaringan dengan asosiasi profesi dan akademik.
                   Temuan penting lain yang menarik untuk mendukung temuan-temuan
               penelitian diatas adalah nilai orientasi pembelajaran (7,4)  masih lebih besar
               dari  orientasi  kewirausahaan  (6,8)  menggunakan    rentangan  skala  1-10.
               Temuan  tersebut  mengindikasikan  bahwa  secara  individu tenaga  pengajar
               masih  mementingkan  orientasi  pembelajaran.  Jika  orientasi  pembelajaran
               dioptimalkan untuk mendukung terciptanya orientasi kewirausahaan, maka
               kinerja PT akan semakin meningkat.

               PENUTUP
                   Fakta   dilapangan   dapat   membuktikan   permodelan   orientasi
               kewirausahaan  pada  PT  dimana  orientasi  kewirausahaan  dan  orientasi
               pembelajaran berdampak positif terhadap peningkatan kinerja dosen di PT.
               Kedepan,  institusi  pendidikan  tinggi  dapat  menciptakan  lingkungan  dan
               memfasilitasi terbangunnya kewirausahaan dikalangan dosen dengan tetap
               mengacu pada Tridharma PT.  Untuk menyempurnakan hasil penelitian ini,
               perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan beberapa saran berikut:  1) perlu
               dilakukan penelitian dengan cakupan lebih luas yang  dapat merepresentasi
               stigma dosen pada berbagai PT di Indonesia secara proposional, terutama
               berkaitan dengan clustering berdasarkan beberapa situasi yaitu:  status (PTN
               dan PTS), besar kecilnya PT dan wilayah PT;  2) Menggali faktor-faktor  lain
               yang  berdampak  crucial  dalam  membangun  orientasi  kewirausahaan
               sehingga kinerja para dosen dapat ditingkatkan.
   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150