Page 145 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 145
a) meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa dengan
memanfaatkan teknologi informasi, b) membangun suasana akademik yang
komprehensif, c) menyelenggarakan abdimas yang berdampak positif bagi
masyarakat, d) mempublikasikan tulisan pada jurnal ilmuiah serta
membangun jaringan dengan asosiasi profesi dan akademik.
Temuan penting lain yang menarik untuk mendukung temuan-temuan
penelitian diatas adalah nilai orientasi pembelajaran (7,4) masih lebih besar
dari orientasi kewirausahaan (6,8) menggunakan rentangan skala 1-10.
Temuan tersebut mengindikasikan bahwa secara individu tenaga pengajar
masih mementingkan orientasi pembelajaran. Jika orientasi pembelajaran
dioptimalkan untuk mendukung terciptanya orientasi kewirausahaan, maka
kinerja PT akan semakin meningkat.
PENUTUP
Fakta dilapangan dapat membuktikan permodelan orientasi
kewirausahaan pada PT dimana orientasi kewirausahaan dan orientasi
pembelajaran berdampak positif terhadap peningkatan kinerja dosen di PT.
Kedepan, institusi pendidikan tinggi dapat menciptakan lingkungan dan
memfasilitasi terbangunnya kewirausahaan dikalangan dosen dengan tetap
mengacu pada Tridharma PT. Untuk menyempurnakan hasil penelitian ini,
perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan beberapa saran berikut: 1) perlu
dilakukan penelitian dengan cakupan lebih luas yang dapat merepresentasi
stigma dosen pada berbagai PT di Indonesia secara proposional, terutama
berkaitan dengan clustering berdasarkan beberapa situasi yaitu: status (PTN
dan PTS), besar kecilnya PT dan wilayah PT; 2) Menggali faktor-faktor lain
yang berdampak crucial dalam membangun orientasi kewirausahaan
sehingga kinerja para dosen dapat ditingkatkan.