Page 144 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 144
kesediaan menghadapi resiko, inovatif dan proaktif dalam mengembangkan
institusi dapat memperkuat orientasi pembelajaran dalam bentuk
keterbukaan para dosen PT terhadap pemikiran baru dengan cara
membangun networking, kolaborasi, partnership dan relationship yang
kemudian berpengaruh kuat terhadap kinerja (Melaksanakan Tri Dharma PT).
ORIENTASI = 0.623 KINERJA
KEWIRAUSAHAAN t =7,176
= 0.852
t =21,644 = 0,237
t = 2,853
ORIENTASI
PEMBELAJARAN
Gambar 3. Rekapitulasi Hasil Uji Hipotesis
Temuan-temuan tersebut sangat relevan jika dikaitkan dengan temuan
deskriptif, dimana rata-rata responden menilai tinggi terhadap indikator
orientasi kewirausahaan dengan nilai rata-rata > 3,9, yang mengindikasikan
bahwa para dosen di PT telah berorientasi kewirausahaan utamanya dalam
beberapa hal yaitu : a) mengutamakan pelayanan berkualitas, b) menyikapi
teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalitas,c) melakukan
inovasi dan d) menyikapi persaingan sebagai tantangan. Kemudian, jika
ditelusuri lebih mendalam maka pendapat responden mengenai orientasi
pembelajaran juga menunjukkan angka yang tinggi berada pada nilai rata-rata
> 4 yang menunjukkan bahwa para dosen di PT telah berorientasi
pembelajaran utamanya dalam beberapa hal yaitu : a) komitmen tinggi
terhadap institusi untuk bisa memajukan reputasi institusi, b) memanfaatkan
media pembelajaran secara optimal dan c) membuka diri terhadap
perubahan lingkungan terutama terkait dengan teknologi informasi.
Selanjutnya jika dikaitkan dengan kinerja, temuan di lapangan menunjukan
keselarasan dengan nilai rata-rata > 3,6, angka ini menunjukkan bahwa para
dosen di PT telah berkinerja cukup baik utamanya dalam beberapa hal yaitu :