Page 229 - Peran Matematika, Sains, dan Teknologi Dalam Mendukung Gaya Hidup Perkotaan (Urban Lifestyle) Yang Berkualitas
P. 229

Peran MST dalam Mendukung Urban Lifestyle yang Berkualitas   211














                       Sumber : Penyuluh pertanian lapangan (2016)

                                          Gambar 4.
                       Penyuluh Sedang Melakukan Penyuluhan Kepada Petani

                   Peran  penyuluh  dalam  penyelenggaraan  penyuluhan  lebih  mengarah
               pada    perubahan   berencana.   Perubahan   yang   direncanakan
               mengimplikasikan  pentingnya  peran  pendidik  atau  penyuluh  dalam
               pengembangan program penyuluhan. Levin (Asngari, 2004) mengemukakan
               ada tiga peran utama penyuluh yaitu : (1) peleburan diri dengan masyarakat
               sasaran,  (2)  menggerakkan  masyarakat  untuk  melakukan  perubahan
               berencana,  dan  (3)  memantapkan  hubungan  sosial  dengan  masyarakat
               sasaran.
                   Dalam menjalankan perannya, penyuluh perlu melakukan pendekatan
               dengan  lebih  dahulu  memahami  kemampuan  kelompok  maupun
               perorangan  agar  materi  yang  disampaikan  kepada  petani  dapat  dicerna
               dengan  baik  oleh  petani.  Selanjutnya  diadopsi  dengan  baik  agar  petani
               senantiasa  meningkatkan  efisiensi  usaha  pertaniannya,  karena  petani

               mendapatkan informasi yang cukup untuk mengambil keputusan. Penyuluh
               Pertanian  Lapangan  (PPL)  dibekali  kemampuan  meliputi  pengetahuan,
               keterampilan, dan sikap sebagai pengajar (Murdiyani, 2001). Hal ini terkait
               dengan peran penyuluh dalam mengubah perilaku petani agar tahu, mau,
               dan mampu menjalankan usaha tani dengan baik.
                   Berkaitan  dengan  perannya,  Mosher  dalam  Mardikanto  (1993)
               mengemukakan  bahwa  seorang  penyuluh  harus  mampu  melakukan  multi
               peran  yaitu  :  (1)  sebagai  guru,  artinya  seorang  penyuluh  harus  terampil
               menyampaikan  inovasi  untuk  mengubah  perilaku  sasarannya;  (2)  sebagai
               analisator,  artinya  seorang  penyuluh  harus  memiliki  keahlian  untuk
               melakukan  pengamatan  terhadap  keadaan,  masalah,  dan  kebutuhan
   224   225   226   227   228   229   230   231   232   233   234