Page 206 - Peran Matematika, Sains, dan Teknologi Dalam Mendukung Gaya Hidup Perkotaan (Urban Lifestyle) Yang Berkualitas
P. 206

188   Peran MST dalam Mendukung Urban Lifestyle yang Berkualitas



        yang  menunjukkan  status  aktivitas  pembersihan  lahan/pengupasan  tanah
        pucuk/penggalian tanah penutup/penambangan/penimbunan/ reklamasi.
            Proses  penyediaan  bahan  baku  hingga  pendistribusian  sisa  produksi
        harus memiliki prosedur kerja yang jelas dan tidak mencemari lingkungan.
        Dalam beberapa proses kimia industri, limbah tidak hanya berupa produk
        tetapi  juga  reagen  yang  digunakan  untuk  produksi.  Limbah  ini  dapat
        menyebabkan ancaman terhadap lingkungan. Risiko paparan untuk senyawa
        kimia berbahaya yang memiliki ambang batas dapat diminimalkan dengan
        menggunakan alat pelindung seperti kacamata, masker, dan baju pelindung.
        Menurut  prinsip-prinsip  kimia  hijau,  ancaman  tersebut  bisa  dihilangkan
        dengan cara sederhana yaitu dengan menggunakan bahan baku yang aman
        untuk proses produksi kimia.

        INTEGRASI KIMIA HIJAU DAN PENDIDIKAN

            Maria,  Praptining,  dan  Lussana  (2013)  dari  program  studi  (prodi)
        Pendidikan  Biologi  FPMIPA  IKIP  PGRI  Semarang  menguraikan  usaha  untuk
        mengintegrasikan  konsep  pengetahuan  mengenai  kimia  hijau  pada  prodi
        Pendidikan Biologi. Pada artikel yang dipresentasikan pada Seminar Nasional
        X Pendidikan Biologi FKIP UNS, para penulis itu menguraikan kemungkinan
        menerapkan  konsep  dan  aspek-aspek  kimia  hijau  dalam  mata  kuliah
        pengetahuan lingkungan pada mahasiswa pendidikan biologi, terutama bila
        ilmu  kimia  bukan  merupakan  mata  kuliah  pokok.  Tahapan  pelaksanaan
        penerapan konsep kimia hijau seperti tahap pada difusi inovasi, yaitu tahap
        pertama,  menanamkan  kepekaan  mahasiswa  tentang  masalah  lingkungan
        dan  pencemaran  yang  diakibatkan  oleh  bahan  kimia  beracun  dan
        berbahaya. Tahap kedua, mengenalkan kepada mahasiswa 12 prinsip kimia
        hijau.  Tahap  ketiga,  mahasiswa  belajar  menganalisis  penerapan  prinsip
        kimia hijau dalam mata kuliah pengetahuan lingkungan.

        KESIMPULAN

            Pendekatan  kimia hijau adalah usaha penerapan prinsip penghilangan
        dan pengurangan senyawa berbahaya melalui usaha perancangan, produksi,
        dan  penerapan  produk  kimia.  Pendekatan  kimia  hijau  berusaha
        meminimalisir zat berbahaya, pemanfaatan katalis yang aman untuk reaksi
        dan  proses  kimia,  penggunaan  reagen  yang  tidak  beracun,  penggunaan
   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211