Page 99 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 99

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      86 mata kuliah uji pada Program Pendas, dan 83 mata kuliah uji pada PPs.
                      Disamping itu, UT juga selesai mengembangkan 269 set soal objektif (untuk
                      68 mata kuiah) dan 321 set soal uraian (untuk 128 mata kuliah) pada tahun
                      2013. (UT, 2013)

                      Memperhatikan banyaknya bahan ajar dan bahan ujian yang harus dikelola,
                      Universitas Terbuka dituntut untuk memanfaatkan teknologi informasi dan
                      komunikasi (TIK) untuk menunjang aktivitas manajemen dan administrasi
                      data pengelolaan bahan ajar dan bahan ujian.  Dengan menerapkan berbagai
                      sistem informasi, diharapkan UT dapat menyimpan dan menyediakan informasi
                      tentang bahan ajar dan bahan ujian mulai dari target pengembangan, proses
                      pengembangan, dan penggunaan di lapangan yang akurat dan mudah
                      diperoleh.

                      Berkenaan dengan pemanfaatan  TIK dalam pengelolaan BA dan BU, pada
                      bagian ini akan disajikan tentang Aplikasi Sistem Informasi Mata Kuliah
                      dan Bahan Ajar (SIMBA) dan Sistem Informasi Mata Kuliah dan Bahan Ujian
                      (SIMBU).  Sajian akan diawali dengan uraian tentang proses pengembangan
                      BA dan BU serta ditutup dengan rencana ke depan dalam penyempurnaan
                      SIMBA dan SIMBU.



                      2.  Pengembangan BA

                      BA yang digunakan di UT mencakup Bahan Ajar Cetak (BAC) atau Buku Materi
                      Pokok (BMP), yang lebih dikenal dengan istilah Modul, dan Bahan Ajar Non
                      Cetak (BANC). Sesuai dengan sistem pembelajaran yang diterapkan di UT, BA
                      yang dikembangkan harus dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa.
                      Oleh karena itu, BA yang dikembangkan harus memenuhi kriteria  self-
                      contained dan self-instruction (Moore & Kearsley, 2012).  Self-contained artinya
                      BA menyajikan semua materi yang diharapkan dikuasai oleh mahasiswa.
                      Kriteria self-instruction menuntut bahan ajar yang memberikan arahan atau
                      petunjuk belajar bagaimana belajar.  Dengan membaca BA yang memenuhi
                      kedua kriteria tersebut, mahasiswa merasa sedang mengikuti suatu proses
                      pembelajaran.




                                                                                  89
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104