Page 99 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 99
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
86 mata kuliah uji pada Program Pendas, dan 83 mata kuliah uji pada PPs.
Disamping itu, UT juga selesai mengembangkan 269 set soal objektif (untuk
68 mata kuiah) dan 321 set soal uraian (untuk 128 mata kuliah) pada tahun
2013. (UT, 2013)
Memperhatikan banyaknya bahan ajar dan bahan ujian yang harus dikelola,
Universitas Terbuka dituntut untuk memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) untuk menunjang aktivitas manajemen dan administrasi
data pengelolaan bahan ajar dan bahan ujian. Dengan menerapkan berbagai
sistem informasi, diharapkan UT dapat menyimpan dan menyediakan informasi
tentang bahan ajar dan bahan ujian mulai dari target pengembangan, proses
pengembangan, dan penggunaan di lapangan yang akurat dan mudah
diperoleh.
Berkenaan dengan pemanfaatan TIK dalam pengelolaan BA dan BU, pada
bagian ini akan disajikan tentang Aplikasi Sistem Informasi Mata Kuliah
dan Bahan Ajar (SIMBA) dan Sistem Informasi Mata Kuliah dan Bahan Ujian
(SIMBU). Sajian akan diawali dengan uraian tentang proses pengembangan
BA dan BU serta ditutup dengan rencana ke depan dalam penyempurnaan
SIMBA dan SIMBU.
2. Pengembangan BA
BA yang digunakan di UT mencakup Bahan Ajar Cetak (BAC) atau Buku Materi
Pokok (BMP), yang lebih dikenal dengan istilah Modul, dan Bahan Ajar Non
Cetak (BANC). Sesuai dengan sistem pembelajaran yang diterapkan di UT, BA
yang dikembangkan harus dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa.
Oleh karena itu, BA yang dikembangkan harus memenuhi kriteria self-
contained dan self-instruction (Moore & Kearsley, 2012). Self-contained artinya
BA menyajikan semua materi yang diharapkan dikuasai oleh mahasiswa.
Kriteria self-instruction menuntut bahan ajar yang memberikan arahan atau
petunjuk belajar bagaimana belajar. Dengan membaca BA yang memenuhi
kedua kriteria tersebut, mahasiswa merasa sedang mengikuti suatu proses
pembelajaran.
89