Page 100 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 100

Sesuai dengan prosedur umum pembelajaran, BMP UT mengikuti format:
                 pendahuluan (menyajikan tujuan pembelajaran dan relevansi materi),
                 pembahasan materi dan latihan, penutup (rangkuman dan tes formatif).
                 Dengan membaca BMP mahasiswa mengetahui kemampuan apa yang
                 diharapkan dikuasai, materi apa yang harus dipelajari, kegiatan belajar apa
                 yang harus dilakukan, dan bagaimana mengukur kemampuan yang telah
                 dikuasai, serta kegiatan tindak lanjut yang harus dilakukan berdasarkan hasil
                 evaluasi.
                 Pengembangan BAC dimulai dengan pengembangan Rancangan Mata
                 Kuliah (RMK) yang terdiri dari Peta Kompetensi dan Garis-garis Besar Program
                 Pembelajaran (GBPP).  RMK merupakan acuan bagi pengembangan BA, baik
                 BAC maupun BANC. RMK berisi tentang rumusan kemampuan yang harus
                 dikuasai mahasiswa, materi yang harus disediakan (pokok dan sub pokok
                 bahasan), jenis bahan ajar (cetak atau noncetak), layanan bantuan belajar yang
                 perlu disediakan, jenis evaluasi hasil belajar (objektif, uraian, atau performa/
                 kinerja) dan referensi yang digunakan untuk menulis bahan ajar.  Informasi
                 yang ada dokumen RMK adalah program studi, kode dan nama mata kuliah,
                 sks, tahun pengembangan, nama penulis dan penelaah RMK, serta deskripsi
                 mata kuliah.  Sebelum digunakan dalam proses penulisan, RMK ditelaah
                 terlebih dahulu untuk meyakinkan bahwa komponen-komponen yang
                 dikembangkan sudah sesuai dengan tuntutan mata kuliah yang ditetapkan
                 dalam kurikulum program studi.
                 Penulisan BAC dimulai dengan kegiatan penyamaan persepsi tentang BA di
                 UT serta aturan penulisan.  Kegiatan ini dikoordinasikan oleh masing-masing
                 fakultas/PPs. Para penulis modul didampingi oleh para pengampu mata
                 kuliah (course manager) yang bahan ajarnya dikembangkan.  Selama proses
                 penulisan, para pengampu mata kuliah berkomunikasi dengan para penulis
                 modul untuk mengecek kemajuan penulisan.
                 BAC yang telah ditulis kemudian diperiksa oleh pengampu mata kuliah
                 berkenaan dengan kelengkapan naskah BAC dari penulis. Naskah yang
                 sudah lengkap dikirimkan kepada penelaaah materi untuk  melihat validitas
                 substansi, kedalaman dan keluasan materi sesuai RMK, serta alur penyajian



                 90
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105