Page 102 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 102
Dengan memperhatikan uraian tetang proses pengembangan BAC dan
BANC, diketahui bahwa banyak pihak yang terlibat, mulai dari penulis dan
penelaah substansi baik dosen UT maupun dosen perguruan tinggi lain,
penelaah media, pengampu mata kuliah, dan tim produksi. Pengembangan
BA sampai menjadi naskah final yang siap produksi dilakukan di bawah
tanggung jawab fakultas/PPs sedangkan produksi BA sampai menjadi
master dilaksanakan di bawah tanggung jawab P2M2. Penjaminan kualitas
keseluruhan proses pengembangan BA dikendalikan melalui Pedoman
Kualitas Pengembangan dan Layanan Bahan Ajar dan Ujian (JKAK-AJ00) yang
dilengkapi dengan Prosedur Pengembangan Naskah BAC (JKAK-AJ03) dan
Prosedur Pengembangan Naskah BANC (JKAK-AJ04), beserta petunjuk kerja
dan rekaman yang digunakan dalam keseluruhan proses pengembangan BA.
3. Pengembangan BU
Bahan ujian dikembangkan untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa
terhadap kemampuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan bentuk jawaban
yang diberikan mahasiswa, UT melaksanakan ujian dalam bentuk tes tertulis,
tes lisan, dan tes kinerja (Reece & Walker, 1997). Tes tertulis menuntut
mahasiswa untuk memberikan jawaban secara tertulis. Tes tertulis diberikan
dalam bentuk soal objektif atau uraian. Tes lisan dilaksanakan untuk mengukur
kemampuan mahasiswa menyampaikan jawaban atau gagasan secara lisan,
seperti tes yang diberikan untuk mengukur kemampuan dalam mata kuliah
Berbicara dan mata kuliah Speaking. Tes kinerja, dalam bentuk pemberian
tugas, menuntut mahasiswa untuk memberikan jawaban melalui tindakan
yang dilakukan atau menuntut mahasiswa untuk melakukan sesuatu, seperti
tes yang dilaksanakan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam mata
kuliah praktek/praktikum.
Pengembangan BU diawali dengan penyusunan kisi-kisi, sebagai blueprint
untuk penulisan soal. Dokumen kisi-kisi terdiri dari Lembar Kisi-kisi serta
Lembar Kompetensi dan Indikator Soal, yang berisi tentang kompetensi yang
akan diukur dari setiap modul, judul modul, nomor dan judul kegiatan belajar,
jenjang kemampuan dan tingkat kesukaran soal, ragam soal, serta nomor
92