Page 316 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 316

teknologi komunikasi online untuk keperluan pembelajaran. Seiring dengan
                 kemajuan TIK dalam dunia pendidikan, pembelajaran berbasis TIK, termasuk
                 pembelajaran secara  online, telah berkembang sedemikian pesat. Dengan
                 adanya TIK, terbuka peluang lebih besar dan fleksibilitas bagi siapapun yang
                 untuk memperoleh pendidikan. Jarak tidak lagi menjadi masalah. Justru
                 relevansi dan kebutuhan yang mendesak untuk belajar merupakan kriteria
                 utama pembelajaran berbasis online.  Tidak diragukan lagi bahwa pendidikan
                 yang mudah diakses (education at the tip of your fingers) mendorong  setiap
                 individu untuk memilih dan memutuskan apa yang relevan untuk dipelajari.
                 Kemajuan TIK dalam dunia pendidikan telah membawa pengaruh besar bagi
                 sistem pengajaran dan pembelajaran di UTserta merupakan berkah tersendiri
                 bagi mahasiswa pascasarjana UT yang mengaplikasikan metode pembelajaran
                 berbasis TIK.

                 Berdasarkan uraian sebelumnya, bagian berikut akan menggambarkan dan
                 membahas beberapa isu terkait dengan transisi menuju pendidikan berbasis
                 TIK pada Program Pascasarjana UT yang dikenal dengan program magister
                 online.


                 2.  TIK untuk Pengajaran dan Pembelajaran pada Program Pascasarjana
                    di UT
                 Sejak tahun 2008 hingga sekarang, UT telah menawarkan program
                 pascasarjana (PPs) pada bidang-bidang, yakni administrasi publik, manajemen
                 bisnis, manajemen perikanan, dan  pendidikan matematika. Pada awalnya,
                 program pembelajaran magister UT ditawarkan sebagai  hybrid learning.
                 Hybrid learning  ala Program PPs UT ini menerapkan prinsip  the  triangle of
                 learning yang mengintegrasikan pembelajaran secara mandiri (independent
                 learning), tutorial tatap muka (face-to-face tutorial), dan tutorial online. Dalam
                 sistem ini, mahasiswa belajar secara mandiri dari paket bahan ajar yang
                 tersedia, mendiskusikan materi ajar dengan para tutor online  pada sepanjang
                 semester, dan memperdalam pengetahuan dengan para tutor melalui empat
                 sesi tutorial tatap muka (TTM).





                 306
   311   312   313   314   315   316   317   318   319   320   321