Page 316 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 316
teknologi komunikasi online untuk keperluan pembelajaran. Seiring dengan
kemajuan TIK dalam dunia pendidikan, pembelajaran berbasis TIK, termasuk
pembelajaran secara online, telah berkembang sedemikian pesat. Dengan
adanya TIK, terbuka peluang lebih besar dan fleksibilitas bagi siapapun yang
untuk memperoleh pendidikan. Jarak tidak lagi menjadi masalah. Justru
relevansi dan kebutuhan yang mendesak untuk belajar merupakan kriteria
utama pembelajaran berbasis online. Tidak diragukan lagi bahwa pendidikan
yang mudah diakses (education at the tip of your fingers) mendorong setiap
individu untuk memilih dan memutuskan apa yang relevan untuk dipelajari.
Kemajuan TIK dalam dunia pendidikan telah membawa pengaruh besar bagi
sistem pengajaran dan pembelajaran di UTserta merupakan berkah tersendiri
bagi mahasiswa pascasarjana UT yang mengaplikasikan metode pembelajaran
berbasis TIK.
Berdasarkan uraian sebelumnya, bagian berikut akan menggambarkan dan
membahas beberapa isu terkait dengan transisi menuju pendidikan berbasis
TIK pada Program Pascasarjana UT yang dikenal dengan program magister
online.
2. TIK untuk Pengajaran dan Pembelajaran pada Program Pascasarjana
di UT
Sejak tahun 2008 hingga sekarang, UT telah menawarkan program
pascasarjana (PPs) pada bidang-bidang, yakni administrasi publik, manajemen
bisnis, manajemen perikanan, dan pendidikan matematika. Pada awalnya,
program pembelajaran magister UT ditawarkan sebagai hybrid learning.
Hybrid learning ala Program PPs UT ini menerapkan prinsip the triangle of
learning yang mengintegrasikan pembelajaran secara mandiri (independent
learning), tutorial tatap muka (face-to-face tutorial), dan tutorial online. Dalam
sistem ini, mahasiswa belajar secara mandiri dari paket bahan ajar yang
tersedia, mendiskusikan materi ajar dengan para tutor online pada sepanjang
semester, dan memperdalam pengetahuan dengan para tutor melalui empat
sesi tutorial tatap muka (TTM).
306