Page 315 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 315

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      menargetkan peningkatan hingga 35% pada tahun 2015 dalam rangka
                      mewujudkan generasi emas pada 100 tahun Kemerdekaan Indonesia tahun
                      2045 (http://www.kemdikbud).
                      Pendidikan jarak jauh (PJJ) telah dipilih oleh pemerintah sebagai salah satu
                      solusi untuk mengatasi kesenjangan dalam akses pendidikan yang disebabkan
                      oleh kurangnya sumber daya, kesempatan, serta faktor geografis. Dengan
                      berdirinya Universitas Terbuka (UT) pada tahun 1984, Pemerintah Indonesia
                      telah memprakarsai PJJ pada jenjang pendidikan tinggi di Indonesia.  Setelah
                      pengalaman hampir tiga puluh tahun, PJJ telah memberi warna pada
                      sistem pendidikan nasional, diakui serta diterima sebagai salah satu bentuk
                      pendidikan utama, seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik
                      Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan
                      Pendidikan Pasal 118. Secara khusus, peraturan pemerintah tersebut juga
                      menyebutkan bahwa pendidikan akademis dan profesional dapat diberikan
                      secara tatap muka dan/atau pendidikan jarak jauh. Universitas Terbuka yang
                      memiliki jumlah mahasiswa hampir 500 ribu mahasiswa pada tahun 2013
                      merepresentasikan hampir 13% dari jumlah mahasiswa nasional. UT telah
                      berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan angka partisipasi
                      pada jenjang pendidikan tinggi.  Dengan misi ”menyediakan akses terhadap
                      pendidikan  tinggi bagi semua” (providing higher education access to all),  UT
                      telah membuka pintu bagi masyarakat yang sebelumnya tidak mempunyai
                      kesempatan memperoleh pendidikan tinggi. Di samping itu, lebih dari 70%
                      mahasiswa UT adalah guru. Dengan demikian, UT secara nasional telah
                      memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas guru dan pendidikan
                      dasar di Indonesia.
                      Pada tahap awal pendidikan jarak jauh, model  hybrid learning  banyak
                      digunakan, yaitu model pembelajaran yang mengintegrasikan belajar
                      mandiri, tutorial tatap muka, dan tutorial online. Format itu tampaknya lebih
                      sesuai dengan kebiasaan belajar mahasiswa. Oleh karena kuatnya pengaruh
                      tradisi pembelajaran tatap muka di kelas, perpindahan cara belajar menjadi
                      secara mandiri dan berbasis  online umumnya tidak berlangsung secara
                      mulus. Mahasiswa harus dilatih untuk terbiasa dengan belajar mandiri,
                      menjadi self-initiative dan self sufficient learners, serta mampu menggunakan


                                                                                 305
   310   311   312   313   314   315   316   317   318   319   320